Artikel Indonesia Terbaru

Rahasia Menjadi Seorang Marketing Handal

Posted on: June 12, 2012

Ada banyak cara untuk menjadi seorang marketing yang handal dan sukses. Dan menurut saya, kunci utama dari keberhasilan seorang marketing adalah MENTAL. Seorang marketing harus memiliki daya juang yang gigih, ulet, dan displin, dan keberanian berbicara didepan banyak orang.

Menjadi seorang marketing memang tidak mudah seperti yang Anda pikirkan, jika tidak ada background berjualan akan sulit, mungkin bisa saja jika Anda belajar jualan atau marketing dengan sungguh-sungguh. Dan perlu Anda ketahui menjadi seorang marketing harus memiliki banyak jurus-jurus dahsyat untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam ilmu menjual yaitu marketing.

Nah kini saya akan memberikan rahasia menjadi seorang marketing yang handal, yang harus Anda lakukan adalah :

  1. Membuat jaringan atau marketing
    Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka akan semakin besar peluang untuk memasarkan jasa atau produk dari perusahaan. Bila memungkinkan juga, akan sangat baik bila bisa bergabung dengan kelompok bisnis, rajin mengikuti seminar, atau pun mengunjungi pertemuan-pertemuan bisnis. Yang perlu dicatat juga, membangun jaringan bisa dimana saja dan kapan saja.
  2. Mengusai bisnis usaha atau perusahaan
    Sebagai seorang marketing sudah pasti kita harus mengenal dan menguasai produk atau jasa yang kita pasarkan. Dan sebagai seorang marketing juga, kita harus terus belajar tentang bisnis perusahaan atau usaha kita, yang tentu saja disesuaikan dengan tuntutan keadaan, keperluan klie, dan juga perkembangan dari para pesaing.
  3. Menentukan pasar
    Dalam memasarkan produk atau jasa, pasar atau calon konsumen yang dituju haruslah jelas. Tepat atau tidaknya target market yang disasar akan mempengaruhi kesuksesan dari kegiatan pemasaran yang kita lakukan.
  4. Kartu nama
    Seorang marketing wajib membawa selalu kartu nama dan jangan sungkan untuk bertukar kartu nama dengan orang lain. Justru dengan bertukar kartu nama Anda akan semakin mengenal dengan orang lain dan juga dapat membangun keakraban. Dan jangan lupa tampilkan selalu kesan yang baik, karena seorang marketing merupakan perwakilan dari perusahaannya. Dalam persepsi kebanyakan orang, penampilan marketing sama dengan dengan citra perusahaan.
  5. Percaya keunggulan perusahaan
    Sebagai perwakilan dari perusahaan, seorang marketing harus yakin dan percaya dengan keunggulan dari perusahaannya. Ini penting karena pada dasarnya seorang marketing juga bertugas untuk meyakinkan calon konsumen agar percaya dengan perusahaan kita.
  6. Membawa brosur
    Ini yang terakhir, dan biasanya dipadukan dengan kartu nama, brosur. Sebagai marketing, upayakan selalu membawa brosur dari produk atau jasa yang hendak dipasarkan. Barangkali brosur terlihat tradisional, tapi brosur bisa bertindak cepat. Saat seorang kita bertemu calon konsumen secara tiba-tiba dan tanpa disengaja, kita bisa langsung menjelaskan produk atau jasa yang kita tawarkan melalui brosur tadi.

Nah meskipun Anda sudah menjadi marketing handal tapi Anda teap jangan pernah lupa untuk belajar jualan, Karena handal saja belum cukup untuk menjadi seorang marketing yang dahsyat.

About these ads

1 Response to "Rahasia Menjadi Seorang Marketing Handal"

kalau sifat2 yang harus dimilaki seorang marketing itu gimana yaa,,,??
Terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: