Cara Bermain Saham Bagi Pemula

Dengan Anda bermain saham berarti Anda sudah melakukan investasi, dimana tujuannya dengan kita berinvestasi untuk mendapatkan suatu keuntungan.

Namun untuk setiap investasi tidak semuanya akan mendapatkan keuntungan. Untuk itu sebelum Anda melakukan yang namanya investasi Anda perlu satu yang namanya pemahaman tentang cara bermain saham yang aman agar Anda bisa mencegah yang namanya kerugian.

Hal dasar paling-paling dasar yang harus Anda pahami dalam bermian saham ada 2 hal yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal. 2 Hal inilah yang perlu Anda kuasai jika Anda ingin berhasil dalam investasi saham.

Nah itulah penjelasan dasar yang harus Anda mengerti dalam bermain saham, Nah kini juga saya akan menjelaskan cara bermain saham bagi pemula, agar permainan saham Anda dapat terorganisir dengan baik, adalah sebagai berikut :

  1. Melihat dengan cermat latar belakang, karakteristik, serta nilai-nilai perusahaan itu sendiri yang dikenal sebagai analisa fundamental. Dalam analisi fundamental, yang dijadikan dasar perkiraan harga sebuah saham adalah faktor-faktor fundamenal seperti laporan keuangan dan infromasi penting lainnya yang sewaktu-waktu diumumkan perusahaan publik dan perkembangan ekonomi makro. Jal hal ini sangat penting untuk menganalisa perusahaan lainnya sebelum Anda mulai ke tahap selanjutnya.
  2. Jangan mudah percaya pada data-data keuangan yang belum diaudit atau belum disahkan oleh Bapepam. Indonesia adalah salah satu emerging market dan karakteristik utama dari pasar seperti ini adalah beredarnya data yang unreliable. Hati-hati dan tetap konservatif.
  3. Lakukan analisa teknikal. Semua analis saham profesional menggunakan konsep analisa teknikal untuk mengetahui pola pergerakan harga saham di pasar dari formasi grafik yang terbentuk oleh pergerakan harga yang terjadi. Anda perlu tahu bahwa analisa teknikal sendiri terbagi menjadi dua bagian besar, yakni analisa teknikal klasik dan analisa teknikal modern
  4. Disiplin. Tetapkan batas atas dan batas bawah. Misalnya, 33% di atas dan 5% di bawah. Taati aturan itu dan jangan sekali-kali mengikuti nafsu dan emosi Anda. Kalau Anda berani mengambil resiko, tidak apa-apa tanpa cut loss, kecuali 1) Anda pakai margin, 2) harga saham sudah tergolong tinggi, dan 3) ketika Anda masuk, harga atau tren berbalik arah.
  5. Belajar fundamental ekonomi global dan emiten tertentu adalah suatu keharusan.
  6. Jangan lupa berdoa minta bimbingan dari atas.

Nah sekian penjelasan tentang bermain saham secara pemula. Bagi Anda yang sedang berinvestasi saham, teruslah Anda pahami permainan belajar saham, karena saham memiliki banyak sekali pembelajaran terbaru dan selalu update perkembangan terbarunya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang bermain saham. Saya doakan berhasil. Salam dahsyat! Informasi terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s