4 Penyebab Rambut Rontok dan Kering

Jika rambut Anda bagus dan bebas dari rontok maka penampilan Anda akan terlihat segar dan enak dipandang, tapi bagaimana jika rambut Anda sering rontok dan kering? Pasti penampilan Anda akan terlihat kusam seperti orang yang belum mandi (meskipun dibilang sudah mandi sih)hehe.

Rambut rontok memang menjadi salah satu masalah terutama bagi wanita yang memiliki rambut panjang. Coba Anda bayangkan jika rambut Anda sering rontok lalu jatuh ketempat makanan Anda, apa yang terjadi? Pasti nafsu makan Anda akan berkurang dan Anda akan menjadi tidak menyenangkan.

Sebelum Anda berpikir bagimana cara mengatasinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari rambut rontok, mungkin Anda bisa mencegahnya terlebih dahulu baru Anda tahu bagaimana cara mengatasi rambut rontok

Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok dan kering adalah :

  1. Anemia
    Rambut rontok bisa disebabkan karena anemia yaitu akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Cara menanganinya; padukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, dengan cara murah dan efektif.
  2. Kekurangan kalori
    Biasanya wanita akan melakukan segala hal untuk menurunkan berat badan. Termasuk diet sehat  ketat rendah kalori, yang akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram. Untuk mengurangi dampak ini, pastikan untuk terus mendapatkan protein yang cukup dalam diet. Protein adalah zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut dan kuat.
  3. Obat-obatan tertentu
    Obat-obat kimia juga dapat menyebabkan rambut Anda rontok, karena obat kimia memiliki efek samping pada bagian otak Anda. Cara mengatasinya, cobalah bicarakan dengan dokter Anda, apakah mungkin untuk menurunkan dosis obat-obatan tersebut. Atau jika memungkinkan untuk mengganti obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif.
  4. Stres
    Tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih, dengan kondisi bahwa kerontokan rambut akan terjadi di beberapa minggu berikutnya. Solusinya? Relaksasi, bisa lewat yoga, terapi, meditasi, atau lainnya. Hindari tekanan dan stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut sebelum benar-benar terjadi kebotakan. Jika pori-porinya belum tertutup, rambut akan sulit tumbuh. Maka, atasi sesegera mungkin agar rambut bisa tumbuh kembali.

Nah berikut penjelasan yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga tips yang kami berikan untuk Anda dapat bermanfaat. Untuk Anda yang ingin mempelajari tentang kecantikan lainnya seperti perawatan muka Anda agar menjadi cerah dan sehat, silahkan Anda klik perawatan muka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s