Cara Mudah Mencegah Muka Berminyak

Memiliki kulit wajah cantik dan bersih adalah impian para wanita. Nah tapi begitu banyak halangan yang terjadi pada muka salah satunya adalah muka berminyak, ini menjadi salah satu hambatan wajah bersih, sehingga wajah terlihat kotor dan tidak berseri.

Pada dasarnya kulit berminyak disebabkan oleh 2 hal: pertama karena faktor keturunan, dan kedua karena sekresi sebum dalam jumlah berlebih yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Faktor pertama yaitu keturunan jelas tidak bisa dihindari, tapi kita bisa mengakalinya faktor yang kedua, yakni mengurangi jumlah kandungan minyak dalam wajah dengan menggunakan tips perawatan muka Anda atau wajah yang sederhana.

Nah berikut  ada beberapa cara mudah mencegah muka berminyak yaitu :

  1. Bersihkan wajah Anda secara teratur.
    Bersihkan wajah Anda secarra teratur menggunakan sabun muka yang Anda gunakan setiap harinya. Jika Anda sudah merasa cocok dengan sabun yang Anda gunakan pakailah terus, jangan coba-coba sabun yang lain, karena akan mengakibatkan kerusakan dengan muka Anda. Dan sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang bertextur lembut khusus untuk kulit berminyak, dan hindari pembersih wajah berbahan dasar alkohol.
  2. Lakukan pemijatan terutama daerah sekitar zona T.
    Setelah Anda sedang membersihkan wajah lakukan pemijatan pada bagian wajah Anda seperti dahi, hidung, pipi, dan dagu. Hal ini untuk menghilangkan pori-pori minyak Anda secara perlahan.
  3. Atur asupan nutrisi.
    Agar bisa mengurangi jumlah kandungan minyak wajah, maka disini anda perlu untuk mengatur asupan nutrisi kedalam tubuh anda. Tubuh kita menggunakan lemak untuk memproduksi minyak pada kulit dan hormon, hormon dengan level tinggi bisa meningkatkan jumlah kandungan minyak pada kulit. Cobalah untuk menambah asupan sayuran dan stop untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak banyak (sperti gorengan misalnya). Sementara untuk mengurangi jumlah hormon dengan level tinggi anda harus bisa mengurangi stress dan ketakutan/kekhawatir, karena hal ini dapat memicu produksi minyak wajah lebih banyak lagi.
  4. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari
    Hal ini untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh Anda agar selalu tetap fit, karena hal ini akan membantu mengurangi jumlah kandungan minyak pada kulit wajah.
  5. Pastikan Anda menggunakan riasan (make up) 
    Jika Anda adalah wanita, pastikan Anda menggunakan riasan (make up) yang tidak menyumbat pori-pori wajah dan 100% bebas kandungan minyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s