4 Tips Untuk Menghindari Kandungan Gula Yang Berlebih

6902d3086617ab5f3752646f3bc8589e

Minuman ringan yang mengandung kandungan gula fruktosa diketahui dapat memberikan efek nafsu makan seseorang, yaitu dengan mempengaruhi bagian otak tertentu yang mengatur nafsu makan. Oleh karena itu, asupan fruktosa pun harus mulai anda batasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 yang tercantum di jurnal Neuroscience menemukan bahwa diet tinggi gula bisa menyebabkan kehilangan memori. Selain itu, diet gula terlalu tinggi juga dapat menyebabkan resistensi insulin, yang menyebabkan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, kerap kali sekarang kita menemukan banyak orang yang mengkonsumsi multi vitamin agar tubuhnya tidak terkena serangan penyakit gula.

Penelitian lain dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2001, menemukan bahwa orang yang mendapatkan lebih dari 25 persen kalori dari gula mereka dua kali lebih mungkin untuk memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah.

Diet gula merupakan diet yang baik untuk membatasi kelebihan gila dalam pola makan kita sehari-hari karena menurut pedoman American Heart Association, kita harus mendapatkan tidak lebih dari 5 persen dari total kalori yang kita konsumsi sehari-hari dari gula tambahan.

Berikut ini adalah beberapa tips & trik untuk mengurangi asupan gula dalam pola makan anda :

  1. Jangan sepenuhnya percaya pada bahan makanan “alami”
    Hanya karena bahan makanan itu disebut “alami” bukan berarti itu tidak mengandung gula. Contohnya seperti Madu, agave dan juga sirup maple. Jika anda terlalu mempercayainya, anda akan mendapatkan kelebihan fruktosa dari tubuh anda butuhkan. Hanya satu sendok makan madu sudah mengandung sekitar 17 gram gulam.
  2. Selalu membaca label
    Pemanis jagung, sirup jagung, fruktosa tinggi sirup jagung, fruktosa tinggi sirup jagung, fruktosa, sukrosa dan dekstrosa semua itu merupakan jenis-jenis dari gula. Apabila bahan makanan yang tercantum dalam urutan pada label makanan terdapat kandungan fruktosa sirup jagung yang tinggi, berarti makanan tersebut mengandung banyak gula.
  3. Batasi mengonsumsi minuman ringan dan juga jus
    Selain minuman ringan yang jelas mengandung banyak gula tambahan, jus juga perlu anda konsumsinya. Karena kerap kali jus buah yang kita konsumsi di tambahkan dengan banyak gula untuk menambahkan rasa manis pada minuman tersebut. Jika ingin mengonsumsi jus buah, biarkan rasa manis berasal dari buahnya saja tanpa perlu di tambahkan dengan gula tambahan.
  4. Hati-hati dalam menggunakan bumbu
    Saus tobat merupakan sumber gula yang sangat mengejutkan bagi kebanyakan orang. Karena bahan baku dari saus tersebut adalah tomat yang sangat asam, gula turut digunakan untuk menyeimbangkan rasa dari saus tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s