Tips & Trik Melakukan One Day Traveling

094555_budgettravelll
094555_budgettravelll

One day traveling atau traveling ke suatu tempat hanya dalam satu hari, kini banyak dilakukan oleh para traveler. Tapi ada beberapa trik khusus selain mempersiapkan accessoris travel untuk melakukan traveler dengan gaya ini, agar liburan anda dapat dilaksanakan secara maksimal.

Liburan ke daerah tertentu hanya dalam satu hari, memang tengah marak dikalangan para traveler. Biasanya, destinasi yang dipilih adalah daerah yang lumayan dekat, seperti Jakarta-Bandung, atau Jakarta-Cirebon.

Namun, untuk dapat menikmati traveling hanya dalam satu hari ini diperlukan trik khusus. Jika anda salah strategi, bisa jadi liburan anda malah berantakan.

Berikut ini adalah beberapa trik yang dapat anda lakukan sebelum anda melakukan one day traveling:

  1. Berangkat pagi dan pulang malam
    Untuk anda yang ingin melakukan one day traveling, sebaiknya anda menentukan jam berangkat dan pulang. Jika ingin merasakan liburan secara maksimal dengan banyak mengunjungi tempat wisata, sebaiknya anda berangkat lebih pagi dan pulang malam hari.
    Jika anda pergi dengan naik kereta, pilihlah kereta pertama yang berangkat ke daerah tujuang anda. Jika naik pesawat, pilihlah penerbangan pertama. Sebaliknya, untuk waktu pulang, pilihlah kereta/pesawat terakhir.
  2. Tentukan daerah yang akan di kunjungi
    Sebelum berangkat, hal pertama yang dilakukan adalah menentukan tempat tujuan yang akan dikunjungi. Pilihlah daerah yang tidak terlalu jauh, atau daerah yang dapat dikunjungi dengan waktu tempuh tidak terlalu lama.
    Untuk jalur darat, idealnya daerah yang dikunjungi dapat ditempuh maksimal selama 3 jam, pulang pergi menjadi 6 jam. Jika menggunakan jalur udara, pilihlah destinasi yang dapat di capai maksimal 2 jam, pulang pergi menjadi 4 jam. Hal ini karena jika lebih dari itu, waktu anda hanya akan habis di perjalanan saja.
  3. Pastikan tempat – tempat tujuan anda tidak terlalu jauh
    Setelah menentukan daerah mana yang akan dikunjungi, lanjutkan dengan perencanaan dengan menentukan tempat wisata. Pastika kawasan wisata yang anda kunjungi tidak berjarak jauh satu sama lain. Ini untuk menghemat waktu selama di tempat tujuan. Jadi, lokasi wisata yang akan di kunjungi pun dapat lebih banyak.
  4. Patuhi itinerary
    Untuk mendapatkan liburan satu hari yang maksimal dan berkesan, anda haru mematuhi itinerary yang telah di buat. Mulai dari waktu berangkat, lama waktu selama di lokasi wisata, hingga tempat-tempat mana saja yang akan di kunjungi, harus anda ikuti sesuai itinerary yang telah di buat.
  5. Gunakan kendaraan yang mudah seperti ojek
    Ini hal terakhir yang patut di perhatikan oleh para traveler. Jika sudah tiba di tempat tujuan anda, sebaiknya anda pilih ojek sebagai alat transportasi. Ada banyak pertimbangan kenapa harus memilih ojek. Salah satunya adalah karena ojek termasuk kendaraan yang bebas macet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s