Ayo Cegah Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis

165657_jeruk-nipis-_663_382
165657_jeruk-nipis-_663_382

Ancaman penyakit batu ginjal ternyata tidak selalu terjadi pada pria, tetapi juga dapat terjadi pada wanita. Kurang air minum, menahan air kecil, terlalu banyak alkohol, mengonsumsi obat kimia, memicu pembentukan batu ginjal di dalam tubuh.

Untuk anda yang takut terkena batu ginjal, kini anda tidak perlu takut lagi, karena sudah banyak penemuan untuk mencegah penyakit yang satu ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur semata, namun buah yang memiliki rasa asam ini juga berguna untuk menghambat terbentuknya batu ginjal.

“Berdasarkan penelitian di Jogja pada orang dewasa, asam sitrat atau air jeruk nipis dapat menghambat proses pembentukan kristal (batu ginjal),” ucap dr. Dharmeizar, Sp, PD-KGH, Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri).

Batu ginjal terbentuk dari campuran kalsium, fosfat, oksalat, serta asam urat. Jika pasien gangguan fungsi ginjal mempunyai kadar sitrat yang rendah pada tubuhnya, maka dia dapat berisiko tinggi menderita batu ginjal.

“Dua butir jeruk nipis diperas dan dicampur ke dalam segelas air putih, ini bisa dikonsumsi para penderita batu ginjal setiap hari,” ucap Dharmeizar.

Dharmeizar menjelaskan bahwa tidak hanya jeruk nipis yang memiliki manfaat tersebut.pola hidup sehat dan kecukupan konsumsi air putih juga sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Selain itu, olahraga secara teratur, menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, menjaga tekanan darah, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi obat tanpa memeriksakan fungsi ginjal terlebih dahulu, hal itu adalah cara lain untuk mencegah proses pembentukan batu ginjal.

“Minum air putih setidaknya dua liter per hari, supaya urin cukup encer dan tidak terbentuk kristal. Selain itu kurangi makanan yang mengandung protein tinggi setidaknya kurang dari 50 gram protein per hari,” jelasnya.

Lebih lanjut Dharmeizat mengatakan bahwa konsumsi air putih (air mineral) sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sementara elektrolit dapat didapatkan melalui konsumsi buah seperti pepaya dan pisang.

“Jadi nggak perlu mahal-mahal beli air elektrolit, makan pisang saja,” tambahnya.

Untuk mendapatkan buah ini pun tidaklah sulit karena anda membeli buah ini di tempat belanja kesukaan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s