Makanan Yang Menarik Di Surabaya

Lontong

Jika anda pecinta makan dan sudah menyiapakan tiket ke Surabaya untuk berwisata ke kota Surabaya, tentunya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan yang menarik yang ada di kota surabaya ini. Mungkin ini bisa menjadi referensi anda untuk mencicipi makanan apa saja khas Surabaya yang sudah terkenal dengan kenikamatannya. berikut beberapa daftar makanan yang harus anda cicipi ketika berwisata kulinerdi kota Surabaya.

Bebek Goreng
Mungkin makanan yang satu iini banyak terdapat di restoran dan tempat makan mana pun di Indonesia, tetapi setiap daerahnya memiliki bumbu atau cita rasa yang berbeda. Kota ini bisa di bilanhg dengan pudsatnya bebek goreng, di kota ini banyak sekali menu yang menawarkan bebek goreng yang terdapat di rumah makan atau restoran yang ada pada kota pahlawan ini.
Bebek goreng yang memiliki sambal yang khas yaitu sambal mangga muda, untuk merasakan kenikmatan masakan ini anda hanya butuh mengeluarkan 10-25 ribu saja per porsi

Rujak Cingur
Makanan ini adalah makanan tradisional khas daerah jawa timur, masakan jenis ini juga dapat kita temui di derah Jawa timur terutama di daerah Surabaya, masakan dengan bahan dasar irisan mulut sapi yang direbus lalu di campurkan dengan bahan-bahan lainnya seperti mentimun, bengkoang, mangga muda, nanas, kedonndong dan lontong sebagai pelengkap di tambahkan tempe dan tahu goreng serta sayuran rebus seperti tauge, kacang panjang da kangkung, bahan tersebut di campurkan dengan ulekan bumbu petis udang, airmatang, gula merah, cabai, kacang tanah, dan irisan pisang biji.

Tahu Tek
Makanan asli Surabaya ini terdiri dari bahan dasar tahu yang di goreng setengah matang yang di potong kecil-kecil dengan gunting, kentang goreng, irisan mentimun dan kerupuk udang. Semua itu di camour dengan bumbu yang terbiuatdari petis, air matang,kacang tanah, cabe dan bawang putih, petis yang digunakan berasal dari Sidorajo karena rasanya yang lebih enak

Krengsengan
Makanan yang terbuat dari daging kambing ini yang dipotong kcil-kecil, lalu di beri bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala yang di haluskan. Di tambahkan dengan kecap manis pada saat memasaknya sehingga kuah berwarna coklat tua, masakan jenis ini biasanya terdapat di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yokyakarta.

Sop Kikil
makanan khas kota Surabaya ini dengan berbahan dasar daging sapi biasanya bagian bawah kaki, sehingga ketika dimakan dagingnya terasa kenyal dan kuahnya merupakan kaldu dari daging tersebut, dicampur dangan kunir, sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya. Makanan ini di sajikan selagi panas dan dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s