Tips Berkendara Pada Saat Banjir

berkendara

Memasuki awal tahun sudah di awali dengan musim hujan yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, karena curah hujan yang turun tinggi membuat beberapa daerah mengalami banjir. Banjir membuat seseorang kesuitan dalam mengakses jalan apalagi jalan yang sering di lewati oleh banyak orang dalam melakukan aktivitasnya.

Untuk itu pada saat berkendara pada genangan banjir kita harus sudah menyiapkan persiapan pada saat menerjang genangan banjir. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengendarai kendaraan pada daerah yang banjir seperti yang dilansir situs agen bola.

Kenali kondisi kendaraan anda
Saat memutuskan untuk menerjang genangan banjir sebaiknya perhatikan dahulu kondisi kendaraan anda jangan sampai pada saat menerjang genangan banjir kendaraan anda mogok di tengah genagan banjir, kendaraan seperti jip dan pikap dapat memperhitungkan batas ketinggian genangan banjir, biasanya jenis kendaraan tersebut memiliki body yang tinggi dari pada mobil sedan yang lebih memiliki body pendek.

Kendarai mobil secara perlahan
Saat mengendarai mobil di genangan banjir haruslah mengemudi dengan kecepatan rendah karena anda harus memperhitungkan genangan banjir dan kendaraan anda yang mampu melewati genangan banjir. Jika anda mengendarai kendaraan pada genangan banjir dengan permukaan air tinggi jangan memaksakan kendaraan anda untuk melaju terus menerobos genangan banjir karena dapat merusak kendaraan dan membuatnya mogok.

Atur jarak kendaraan anda
Kondisi banjir dapat membuat rem kendaraan anda nyangkut, maka dari itu anda harus mengatur jarak antara kendaraan di depan anda, jadi pada saat melakukan rem mendadak anda dapat mengeremnya dengan jarak yang jauh, traksi ban akan selalu terjadi terjaga dan pengereman pun jadi lebih aman dan optimal.

Jangan berkendara di pinggir jalan
Banjir yang tinggi akan menutupi lubang dan selokan pada pinggir jalan, oleh karena itu berkendara pada di tengah jalan lebih baik pada saat banjir, karena jika anda mengendarai kendaraan anda terlalu pinggir maka kendaraan anda akan masuk ke dalam selokan. Perhatikan juga palangan pemberitahuan yang menunjukan bahwa ada lubanga besar di sekitar jalan, hindari juga sampah yang mengapung di sekitar banjir, sampah tersebut akan nyangkut pada kendaraan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s