Ibu Hamil Susah Tidur Dengan Nyenyak? Ini Solusinya

kasur-kesehatan

Kebanyakan orang yang susah tidur mengalami masalah pada tubuh bahkan kehidupannya. Namun hal tersebut juga akan menyerang siapa saja yang memiliki pola hidup buruk atau posisi tidur yang kurang tepat.

Ibu hamil yang susah tidur pun juga dapat merasakannya. Apalagi ini menyangkut kesehatan ibu tersebut. Saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi kasur kesehatan untuk kenyamanan anda dalam tidur. Ibu hamil pun juga pasti tidak akan mengalami masalah susah tidurnya lagi.

Namun tidak hanya kasur kesehatan saja, ada hal lainnya yang mempengaruhi tidur ibu hamil menjadi nyaman. Berikut ini merupakan penjelasannya :

1. Posisi Tidur Ibu Hamil
Pada setiap trisemester pertama, seorang ibu yang mengandung dapat tidur dengan posisi apapun. Namun pada pertengahan trisemester kedua sang ibu disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Posisi ini dianggap aman untuk memaksimalkan lairan darah dan gizi ke plasenta sehingga janin memperoleh asupan yang maksimal.
Namun bukan berarti posisi ke kanan tidak dianjurkan. Anda dapat merubah posisinya ke kanan sesekali boleh saja. Agar membuat si ibu lebih nyaman dalam tidur.

2. Kebersihan
Kebersihan menjadi salah satu faktor penting untuk si ibu. Pastikan jika tubuh, pakaian serta lingkungan tidur terjaga kebersihannya. Pastikan kebersihan tersebut agar si bumil tidak terganggu tidurnya. Perhatikan juga ventilasi agar ruangan tidak terlalu dingin.

3. Relaksasi
Relaksasi mampu untuk membantu si ibu hamil dalam tidur yang nyaman. Relaksasi tersebut bisa didapatkan dengan melakukan yoga atau spa. Anda pun bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti menonton film, atau bisa juga refreshing ke tempat menyenangkan.

4. Konsultasi Ke Ahli Medis
Masalah seperti tidur mampu untuk membuat seorang ibu stres menghadapinya. Maka dari itu, anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya seperti psikolog atau juga dokter. Mereka yang sudah terbiasa mengatasi masalah seperti itu mampu untuk menyelesaikan masalah sulit tidur anda.

Demikian beberapa penjelasan yang bisa anda lakukan untuk ibu hamil susah tidur. Biasakan juga untuk menerapkan pola sehat untuk hindari makanan berat sebelum tidur dan lakukan aktivitas menyenangkan untuk membantu tidur lebih cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s