Ketahui Tips Dan Trik Memilih Sayuran Yang Segar

cropped-fresh_vegetables

Sayuran menjadi salah satu makanan yang banyak disukai semua orang. Tidak sedikit mereka yang menyukai sayur karena selain memiliki kandungan yang banyak mulai dari vitamin dan gizi, sayur juga mudah untuk diolah menjadi beragam macam makanan.

Kini tidak ada alasan untuk tidak mencicipi sayur karena jenis makanan ini sudah banyak dikreasikan menjadi makanan lezat tidak hanya diolah dengan campuran kuah saja.

Meskipun mudah untuk diolah, namun dalam pemilihannya sayuran haruslah dipilih dengan tepat karena saat ini sudah banyak beredar sayuran tidak sehat khususnya yang mengandung banyak pestisida dan bahan kimia lainnya.

Segar dan sehatnya sayuran harus sangat diperhatikan karena bisa jadi hal tersebut dapat mengganggu kesehatan di diri kita. Lantas seperti apakah cara memilih sayuran yang baik? simak tipsnya berikut ini

Pilih yang bebas pestisida

Pestisida sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh tubuh kita. Khusus dalam sayuran, pestisida biasanya sangat banyak karena jenis tanaman sayuran yang tidak organik selalu menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya.

Anda bisa membedakan dan meneliti sayuran yang memiliki kandungan pestisida dan yang bebas dari pestisida. Biasanya ciri sayur yang segar dan baik memiliki sedikit lubang bekas dimakan oleh ulat.

Pilih sayuran yang hijau

Warna hijau pada sayuran menjadi salah satu warna yang umum dijumpai. Warna ini biasanya mempresentasikan kesegaran dan kandungan vitamin yang banyak dalam sayuran itu sendiri.

Jika Anda sedang memilih sayuran di katalog belanja, pastikan memilih sayuran yang hijau segar dan memiliki struktur atau kondisi baik dengan warna yang menyala.

Sayuran yang hijau juga belum tentu baik untuk dikonsumsi, maka dari itu pastikan Anda teliti saat mengunjungi tempat membeli sayuran dan pilih sayur yang hijau tanpa bau busuk atau bau pestisida di sekitarnya.

Sayuran berwarna kuning dan oranye

Selain hijau, warna kuning dan oranye juga selalu mempresentasikan sayuran yang segar dan baik untuk di konsumsi. Tidak sedikit sayuran yang memiliki warna tersebut dimana biasanya, warna -warna tersebut dimiliki oleh sayuran yang banyak mengandung vitamin dan zat besi.

Beberapa sayuran yang memiliki warna cerah seperti kuning dan oranye adalah wortel, selada, paprika, kangkung dan daun singkong.

Itulah beberapa tips dan trik dalam memilih sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Pastikan Anda memilih sayuran yang segar agar mampu mencukupi kebutuhan harianmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s