5 Pilihan Investasi Pensiun Untuk Anda

Dana-pensiun-prudential

Bagi sebagian orang, mempersiapkan masa depan adalah salah satu hal yng harus dilakukan. Selain penting, masa depan yang tidak menentu dan masih misteri menjadi alasan mengapa nantinya sesuatu hal khususnya dalam hal keuangan harus sangat diperhatikan.

Di masa depan, pastinya kita akan menghadapi dengan kondisi tidak lagi muda, dan apabila itu terjadi maka pensiun dari dunia pekerjaan pun menjadi pilihan karena tubuh sudah tidak bisa diajak kerjasama dalam mencari nafkah.

Mempersiapkan kondisi pada masa pensiun tidak boleh dianggap remeh. Anda bisa memulai untuk mempersiapkan moment tersebut dengan memilih media Investasi sebagai solusinya. Investasi memiliki berbagai bentuk tidak harus di tanamkan dalam bursa efek saja namun juga bisa di aplikasikan pada media lainnya seperti bangunan dan tanah.

Untuk Anda yang sedang mempersiapkan dana darurat untuk pensiun nanti, berikut beberapa pilihan investasi yang tersedia untuk mempersiapkan masa tuamu.

1. Dana pensiun pemerintah

Salah satu jenis investasi yang bisa menjadi pilihan yang tepat adalah dengan mengelola dana pensiun pada pemerintah. Anda dapat menyerahkan pengelolaan dana pensiun pada lembaga pemerintah seperti jamsostek yang sekarang dikenal dengan BPJS.

BPJS dapat menjadi salah satu dana pensiun mu yang mudah untuk di dapatkan karena terhitung sejal Juli 2015 nanti, seluruh pekerja di Indonesia akan terdaftar dalam proram jaminan kesehatan dan pensiun dengan biaya iuran sebesar 8% dari gaji pokok, 5% dibayarkan pengusaha, sedangkan 3% dibayarkan pekerja, sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

2. Deposito

Jika ingin terjamin masa pensiun mu, tidak ada salahnya untuk memilih Deposito sebagai salah satu alternatif media investasimu. Deposito memiliki resiko yang relatif rendah serta dalam pengelolaannya deposito juga memiliki bunga yang tinggi dari tabungan biasa.

Namun, dalam deposito sendiri waktu pengembalian uang ditentukan oleh pihak bank atau sesuai tanggal jatuh tempo yakni mulai dari 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan. Walau demikian, Anda bisa memperpanjang jangka waktu deposito setelah jatuh tempo, sehingga instrumen ini dapat digunakan untuk jangka panjang.

3. Obligasi

Selain deposito, obligasi menjadi salah satu alternatif investasi lainnya yang memiliki resiko yang cukup rendah. Obligasi Negara Ritel atau dikenal sebagai Obligasi Republik Indonesia merupakan surat pengakuan utang jangka panjang di atas 12 bulan yang diterbitkan Departemen Keuangan Republik Indonesia dan dijual kepada masyarakat.

Membeli Obligasi artinya Anda meminjamkan uang pada Negara, sedangkan Negara berutang pada Anda. Biasanya Obligasi dipatok dengan harga Rp 1 juta dengan minimal pemesanan hingga 5 juta.

Investasi ini tergolong tidak berisiko karena dijamin negara. ORI memberi imbal hasil berupa kupon. Tingkat kupon yang ditawarkan di ORI pun biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga deposito yang ditawarkan bank milik pemerintah.

4. Investasi Reksadana

Reksadana menjadi salah stau media investasi yang kian berkembang saat ini, selain memiliki resiko yang sama rendahnya dengan Obligasi, reksadana khususnya investasi reksadana terbaik di sucorinvest dapat dimulai dengan dana atau modal yang kecil.

Ada beberapa jenis Investasi Reksadana yang bisa Anda pilih mulai dari reksadana pasar uang, reksadana campuran reksadana saham hingga reksadana terporoteksi.

5. Bangunan dan Tanah

Jika dari awal kita bahas tentang investasi tak berwujud maka, langkah lainnya adalah Anda bisa menginvestasikan uang Anda pada benda berwujud seperti tanah dan bangunan.

Dengan nilai tanah yang kian meninggi seiring dengan bertambahnya usia, maka tidak heran jika media investasi ini banyak dipilih oleh semua orang yang ingin atau akan menghadapi masa tua nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s