Bagaimana Cara Membedakan Reksadana Pasar Uang Dan Tetap

2

Secara umum pengertian dari reksadana sendiri adalah pengumpulan dana dari investor yang akan dikelola oleh seorang MI atau Manager Investasi yang akan diinvestasikan kepada berbagai jenis produk keuangan seperti obligasi, saham dan lainnya.

Namun yang harus anda ketahui bahwa Mi yang mengelola reksa dana harus memiliki ijin dari Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal). Salah satunya seperti di internet saham Sucor Invest yang update dan tepat sebagai pilihan anda. Selain itu dana yang terkumpul oleh MI maka kaan diaturlah penempatannya ke berbagai macam instrumen surat berharga seperti saham, Surat Utang Negara (SUN) dan produk bank lainnya seperti tabungan dan deposito.

Penempatan dana yang dilakukan disebut dengan portofolio investasi yang terdiri dari beberapa produk investasi tidak hanya satu saja. Apa saja produknya? Reksadana pasar uang, reksa dana pendpatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

Kedua produk dari atas memiliki kesamaan yang hampir mirip namun berbeda dari jangka waktunya. Mengapa ? Karena reksa dana campuran sendiri, dananya akan diinvestasikan sebagian besar atau kurang lebih 80 % ke produk investasi yang memberikan pendapatan tetap seperti pembayaran bunga. Contohnya seperti tabungan, deposito dan SBI yang sebagian kecilnya akan ditempatkan ke dalam obligasi.

Tingkat potensi risiko yang dimiliki reksa dana pasar uang ini paling rendah dibandingkan dengan reksadana lainnya. Jadi jensi dari reksadana ini cocok bagi anda yang masih takut dalam mengambil risiko terlalu besar.

Sedangkan untuk reksa dana pendapatan tetap, manager investasi akan menginvestasikan sebagian besar uang investornya ke produk investasi pendapatan tetap terutama pada obligasi. Sisa yang ada pada modal akan diinvestasikan pada instrumen pasar uang seperti SBI dan SUN.

Untuk tingkat potenzi risiko yang terdapat pada reksa dana pendapatan tetap ini termasuk menengah dan cocok untuk anda yang mengharapkan pendapatan tetap yang cukup stabil dari investasinya dan tidak fluktuatif.

Reksadana pendapatan tetap cocok untuk penempatan dananya antara 1 sampai 3 tahun dan berbeda dengan reksa dana pasar uang yang memiliki kurun waktu hingga 1 tahun saja.

Demikian merupakan beberapa perbedaan yang ada pada reksadana pasar uang dan pendapatan tetap. Jika anda ingin memilih jenis reksadana yang memiliki risiko kecil maka reksa dana pasar uang pilihannya. Ingin mengetahui info reksa dana lebih lengkap ? Anda bisa langsung kunjungi di http://www.sucorinvest.com/ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s