Ketahui Tips Percaya Diri Ketika Wawancara Kerja!

1

Wawancara kerja merupakan salah satu proses yang harus dilewati bagi setiap orang ketika akan melamar pekerjaan. Tidak bedanya ketika anda melamar di jasa lowongan kerja Jac recruitment yang tepat bagi anda.

Ketika wawancara kerja sebaiknya anda jangan gugup ketika sedang berbicara atau proses interview berlangsung. Karena gugup hanya akan membuat wawancara anda menjadi lebih tegang dan tentu saja tidak lancar ketika berbicara.

Namun, jangan sampai hal ini terjadi pada anda ketika akan wawancara. Anda harus lebih percaya diri ketika wawancara agar berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Jika dengan percaya diri anda akan sukses ketika wawancar, maka janganlah ragu atau gugup lagi ketika sedang proses interview berlangsung.

Caranya agar tetap percaya diri ketika wawancara seperti apa? Berikut ini merupakan penjelasannya :

1. Buatlah Diri Anda Kenyang
Ketika anda hendak untuk memulai atau sebelum datang ke tempat interview sebaiknya isi perut anda sebelum memulai percakapan. Mengapa? Karena dengan mengisi perut lebih kenyang akan membuat anda memiliki energi lebih sehingga tidak gelisah ketika interview berlangsung.

2. Penampilan Diri Anda
Tampilah dengan penampilan yang rapih, bersih serta cocok untuk anda kenakan ketika wawancara. Jangan gunakan pakaian yang informal sehingga anda terlihat tidak memiliki niat dalam bekerja.

Berpakaianlah yang rapih dan membuat si menginterview terkesan dengan penampilan anda. Gunakan pakaian yang rapih dan rapikan rambut agar terlihat lebih fresh.

3. Kejujuran
Meskipun anda harus memiliki performa serta kemampuan yang baik ketika wawancara, jangan pernah untuk mengatakan hal yang berlebihan sehingga mereka menilai anda sebagai orang yang sok tahu.

Anda memang harus dituntut untuk pintar dalam bekerja, namun bukan berarti anda harus berlebihan dalam mengatakan suatu hal. Jika memang anda tidak tahu, katakan saja “Saya Tidak Tahu” . Kejujuran ini lebih berharga dibandingkan anda hanya membual omongan saja agar terlihat pintar.

4 Waktu
Sebelum wawancara akan dimulai sebaiknya anda harus persiapkan diri sekitar 15 menit. Waktu sebelum wawancara ini bisa bermanfaat bagi anda untuk lebih tenang dalam bersikap. Jika anda sudah tenang dari awal, proses wawancara akan berjalan dengan lancar.

5. Bahasa Tubuh
Siapapun pasti bisa menebak bahasa tubuh orang lain yang terlihat gugup bukan? Jika anda terlalu sering bergerak, maka si interview akan mengetahuinya lebih dulu dibandingkan anda sendiri.

Jangan biarkan tubuh bergerak terlalu sering agar si interview nyaman dengan sikap anda. Selain itu, cobalah untuk duduk dengan posisi yang tepat sehingga tidak membuat anda gelisah.

Demikian merupakan tips yang bisa anda praktekan agar lebih percaya diri ketika wawancara. Sebelum anda ingin wawancara ketahuilah terlebih dahulu informasi mengenai perusahaan yang akan anda lamar di jasa lowongan kerja jac recruitment. Pengetahuan luas anda akan membuat si interview terkesan jika memiliki karyawan yang detail seperti anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s