Tips Mengelola Keuangan Yang Tepat Untuk Liburan

Ada rencana untuk pergi berlibur ketika waktu liburan tiba? Sudahkah anda rencanakan keuangan sebelum ingin pergi? . Jika belum, sebaiknya rencanakan keuangan terlebih dahulu sebelum ingin pergi karena dana yang akan anda keluarkan tentu lebih besar.

Salah satu cara jika anda ingin pergi keluar negeri dengan biaya yang lebih hemat adalah mencari promo tiket murah AirAsia. Ada juga tiket lainnya yang harganya hemat sehingga tidak akan menguras kantong Anda. Nah, selain dari tiket murah untuk penerbangan ada cara lain yang bisa dilakukan agar dapat mengatur keuangan dengan baik untuk liburan. Apa saja? Berikut ini tipsnya :

1. Transportasi
Jika anda memiliki tujuan tempat yang jauh tentu harganya akan semakin mahal bukan? Nah jika anda ingin berhemat, maka sebaiknya persiapkan dan cari tahu alat transportasi apakah yang biayanya lebih murah digunakan agar sesuai dengan anggaran perjalanan.

2. Susun Rencana
Mungkin sebagian orang, berlibur merupakan kebutuhan yang memang menjadi hobinya. Namun jika anda juga hobi, maka sebaiknya sisihkan dana liburan secara rutin dari penghasilan setiap bulan jika memang dalam satu tahun anda kemungkinan besar ingin melakukan perjalanan.

3. Akomodasi
Jika anda memilih tempat menginap seperti guest house, maka anda dapat menghemat biaya konsumsi bukan? Tentu uang tersebut bisa anda alokasikan untuk biaya lainnya sehingga tidak terlalu besar mengeluarkan dana perjalanan.

4. Makanan
Pengeluaran yang paling wajib diperhitungkan adalah makanan. Jika anda mampu merencanakan anggaran dengan baik maka sebaiknya jangan membeli makanan yang mahal namun tidak murahan seperti junk food. Sebaiknya jika Anda ingin berhemat cari tempat guest house yang memiliki kompor atau microwave serta kulkas. Mengapa? Hal ini tentu bisa anda manfaatkan dengan menyimpan bahan mentah dan memasaknya sendiri sehingga dapat menghemat biaya makanan.

5. Oleh-oleh
Oleh-oleh akan membuat anda menjadi gelap mata dalam berbelanja, jadi sebaiknya berhati-hatilah ketika sedang berada di tempat belanja. Jika memang anda ingin membeli maka belikan untuk keluarga inti dan orang terdekat Anda saja. Namun untuk kelompok besar berikan saja satu bungkus beberapa coklat untuk makan bersama.

Liburan memang menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk semua orang, namun jangan terlalu memaksakan agar anggarannya tidak menghabiskan biaya tabungan penting lain. Sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari untuk berlibur agar tidak menguras semua tabungan Anda.

Demikian tips yang penting untuk diketahui dalam mengelola keuangan ketika liburan. Cari promo tiket murah hanya di AirAsia jadi langsung booking saja jika sesuai dengan anggaran keuangan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s