Ketahui Tips Sukses Membuat Lapis Legit Sendiri

lapis-legit

Banyak kudapan yang bisa Anda buat di hari yang spesial, dimana salah satunya adalah Lapis Legit. Kepopuleran lapis legit memang sudah diakui, tidak heran hingga saat ini masih banyak orang yang mengkreasikan lapis legit sehingga menjadi makanan yang mewah dan lezat.

Untuk membuat lapis legit sendiri di rumah memanglah tidak mudah, dibutuhkan keuletan, kesabaran dan niat yang memang tinggi karena sedikit saja melakukan kesalahan maka hasil akhir dari lapis tersebut akan gagal.

Membuat lapis sendiri memang sangat istimewa, meskipun jika dibandingkan dengan membeli di toko cake jakarta clairmont rasanya akan berbeda, namun setidaknya lapis legit yang Anda buat bisa puas terlebih jika hasilnya baik.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat lapis legit sendiri di rumah, apa saja? simak informasinya berikut ini.

Mentega

Saat Anda menggunakan mentega untuk membuat lapis, jangan mengocoknya terlalu lama karena akan membuat mentega meleleh dan mempengaruhi tekstur lapis itu sendiri. Namun, meskipun tidak boleh lama, mentega haruslah dikocok sampai mengembang sempurna.

Disamping itu, sebaiknya juga Anda menggunakan butter atau mentega yang kaleng dan hindari menggunakan mentega dalam kemasan bungkus. Selain itu, sebelum dikocok, simpanlah terlebih dahulu mentega dalam kulkas supaya dingin dan mudah dicampur dengan adonan.

Telur

Saat membuat lapis legit, jangan lupakan telur. Gunakanlah telur yang masih segar dengan kuning telurnya yang masih bulat utuh dan putih telur yang masih kental. Jika menggunakan resep yang menggunakan putih telur, kalau memakai teknik pemisahan putih telur maka kocok putih telur hingga mengembang baik. Kalau tidak, putih telur dikocok bersama dengan kuning telur.

Pisahkan kuning telur dan putihnya dengan seksama. Setelah itu kocoklah kedua bahan tersebut hingga kental dan berbuah warna menjadi putih.

Terigu

Bagaimana jika membuat lapis legit tidak menggunakan terigu? tentu tidak akan mengembang dan berhasil karena terigu adalah bahan utama. Dalam penggunaannya, pilihlah terigu yang rendah protein dan jangan lupa sebelum digunakan di ayak terlebih dahulu agar tidak ada terigu yang menggumpal.

Mencampurkan adonan

Ketika Anda memasuki tahapan mencampurkan adonan, sebaiknya mentega dan telur tidak dimasukan sekaligus tetapi dibagi menjadi beberapa tahap, tergantung banyaknya bahan saja. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa mentega, telur dan tepung telah tercampur rata.

Selain itu, dalam mencampurkan mentega dan telur janganlah sekaligus, tetapi lakukan secara bertahap tergantung seberapa banyak adonan yang Anda gunakan.

Memanggang

Sebelum memanggang, panaskan oven terlebih dahulu. Memanggang Lapis legit ini harus dengan suhu oven tinggi, dan hanya sebentar saja untuk tiap lapisnya. Kurang lebih lima menit dan setelah dikeluarkan tekan-tekan dengan penekanan khusus agar Anda tahu bagian mana yang sudah dan belum matang.

Itulah beberapa tips sukses dalam membuat lapis legit sendiri di rumah. Semoga dengan tips-tips tersebut menjadi inspirasi dalam membuat lapis legit yang empuk dan lezat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s