Tips Mengatasi Rasa Kantuk Di Kantor

Rasa kantuk biasanya datang dengan tiba-tiba, dan bila rasa kantuk itu datang ya silahkan Anda untuk tidur. Tapi bagai mana jika rasa kantuk itu datang saat anda sedang kerja di kantor? Kebanyakan rasa kantuk itu datang setelah kita makan siang, dan tamu tak diundang ini tentu sangat mengganggu aktifitas kerja. Terlebih apabila ada pikiran untuk pindah tempat di informasi kerja terkini JAC recruitment.

Sebenarnya apa sih rasa kantuk atau ngantuk itu? rasa ngantuk adalah perasaan dimana otak kita meminta untuk beristirahat sejenak untuk tidur. Hal ini adalah hal yang manusiwi tapi bagaimana kalau mengantuknya disaat yang tidak tepat seperti di kantor? Ini dia beberapa tips yang bisa kamu coba jika kamu merasa mengantuk ketika sedang berada ditempat kerja.

1. Melakukan Gerakan Olahraga Ringan
Lakukan latihan ringan, seperti menggerakkan kepala, tangan atau kaki. Atau Anda juga bisa berjalan-jalan santai di dalam ruangan Anda. Yang penting, tubuh Anda terasa lentur. Gerakan-gerakan yang dilakukan secara simultan, dapat membantu menghambat rasa kantuk yang melanda.

2. Dapatkan Cahaya Di Dalam Ruangan
Usahakan tempat kerja Anda mempunyai penerangan yang baik. Namun, jika ruangan kerja Anda tidak mendapat cahaya yang cukup, dan Anda terserang rasa kantuk yang hebat, hampiri jendela dan tataplah keadaan luar ruangan. Cahaya lebih terang dapat mengurangi kantuk yang menyerang.

  1. Mendengarkan Musik

Nyalakan bunyi-bunyian yang tidak teratur, seperti suara radio dan musik untuk merangsang kewaspadaan dan ketajaman otak anda. Bunyi-bunyian yang teratur seperti suara AC dan kipas angin membuat Anda semakin merasa ngantuk berat.

  1. Membersihkan Wajah

Basuhlah wajah Anda beberapa kali hingga Anda merasa segar. Beri tepukan ringan pada pipi dan juga basahi kedua pergelangan tangan Anda, dan ingatkan diri sendiri bahwa Anda masih di kantor, bukan di rumah. Ingatkan lagi bahwa pekerjaan Anda masih menumpuk, dan Anda sedangh dikejar target.

  1. Luangkan Waktu Anda Di Luar Ruangan

Luangkan waktu lima atau sepuluh menit untuk menghirup udara segar di luar ruangan. Pandanglah pohon-pepohonan hijau di taman yang berada di luar kantor Anda untuk menyegarkan mata Anda yang lelah.

  1. Berbicara Dengan Orang Lain

Jika tidak mengganggu rekan lain, mampir sejenak ke meja teman untuk mengobrol ringan untuk beberapa menit agar otak kita terangsang untuk berpikir dan akhirnya akan menghilangkan rasa ngantuk kita.

  1. Mengemil Dan Minum Minuman Dingin

Sedikit ngemil bisa bikin kamu terjaga, apalagi ditambah minuman dingin rasa lemon yang segar wuh! Cipratkan sedikit airnya ke muka, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan atau di dahi. Pilih cemilan seperti rujak pedas yang otomatis bikin kamu melek, dijamin kantuk hilang.

  1. Bernyanyi Di Kantor

Hidupkan music pada speaker komputer, pilih lagu yang musiknya membangkitkan semangat kamu. Seperti music hip-hop atau rock and roll, dengan sedikit menggoyangkan tubuh juga ikut menyanyikan lagu favorit kamu bisa mengusir kantuk yang mengganggu. Tapi ingat, jangan kencang-kencang karena bisa mengganggu rekan kerja yang lain.

  1. Gunakan Perfume

Simpan selalu lotion atau parfum di kantor dengan wangi yang segar. Jika kamu mulai ngantuk, oleskan di pergelangan tangan atau di dekat hidung kemudian hirup maka kamu tidak jadi mengantuk. Tapi, hindari wangi lavender karena aroma tersebut justru menyebabkan kantuk.

  1. Tertawa

Saat sedang serius bekerja, pasti merasakan kejenuhan. Hal tersebut membuat lebih cepat ngantuk dari biasanya. Untuk menghilangkan jenuh, bercandalah dengan karyawan lain. Karena tertawa bisa membantu tubuh kamu bergerak dan menghilangkan rasa ngantuk. Jika rekan lain tidak bisa bercanda, kamu bisa menonton video-video lucu yang sudah banyak di youtube.

  1. Green tea

Lupakan kopi, karena minum kopu bukanlah ide yang baik. Cobalah dengan minum teh hijau. Fyi, kandungan teh hijau sama dengan kopi yaitu mengandung kafein. Tapi teh hijau lebih baik untuk tubuh karena memiliki banyak antioksidan, baik pula untuk menjaga bentuk tubuh kamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s