Yuk, Ketahui 13 Donat Di Dunia Berikut Ini!

Siapa yang tidak mengenal dengan makanan satu ini, berbentuk bulat dan digoreng, dan terdapat lingkaran ditengahnya? yap makanan itu adalah donat.

Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama. Varian Donat dapat kalian temui di Toko Cake Jakarta.

Terdapat banyak variasi donat, pasti belum banyak juga yang mengetahui tentang variasi makanan ini. Ini adalah 13 Variasi Donat Unik Didunia :

  1. Jalebi (Asia Selatan, India dan Timur Tengah)

Jalebi berbentuk melingkar-lingkar, sekilas seperti kerupuk keriting berwarna orange kecoklatan.

Adonan rotinya berbentuk melingkar lalu digoreng. Jalebi direndam disirop gula. Rasa donat ini adalah manis dan lengket.

  1. Cakwe (China, Asia)

Siapa yang tidak suka dengan makanan satu ini, Cakwe atau Youtiao berbentuk panjang, bisa dirobek memanjang dan berwarna keemasan. Di China, cakwe biasa dicelupkan dibubur nasi atau susu kacang kedelai. Sementara itu di Indonesia, jajanan ini biasanya dicocolkan kesaus cabai asam. Meskipun cakwe adonan roti tapi cakwe cenderung agak asin.

  1. Sufganiyot (Israel)

Sufganiyot adalah donat berisi selai yang populer sebagai hidangan Hanukkah di Israel dan komunitas Yahudi di seluruh dunia.

  1. Balushahi (India Utara, Pakistan, Nepal)

Bulushahi terasa renyah diluar, namun creamy didalam. Kue tradisional ini dibuat dengan yogurt  dan dogoreng dengan ghee (mentega yang dipanaskan)

  1. Oliebollen (Belanda)

Oliebollen yang dalam bahasa Belanda berarti `bola-bola minyak` biasanya diisi kismis. Setelah digoreng ditaburi gula bubuk dan dinikmati pada acara-acara besar seperti tahun baru.

  1. Bombolone

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak makanan ini seperti apa, yaitu seperti bom. Bombolone adalah donat asal Tuscan yang berlapis gula dan berisi custard, val atau krim. Isinya disemprotkan dari bagian atas donat hingga terlihat sebagian. Adaula yang berisi selai buah.

  1. Tulumba (Turki)

Tulumba yang berbentuk batang-batang kecil renyah ini terbuat dari adonan yang mengandung banyak telur. Adonanya disemprotkan ke minyak panas, lalu direndam disirop gula setelah digoreng. Tulumba juga populer di negara-negara Mediterania seperti Yunani dan Kroasia.

  1. Chrurros (Spanyol,Meksiko)

Churros yang berbentuk panjang bergerigi biasanya ditaburi gula dan kayu manis diluarnya. Donat ini termasuk cemilan yang biasa dicocolkan kecafe con leche atau saus cokelat kental dan hangat. Churros biasa dinikmati saat sarapan atau di malam hari.

  1. Koeksisters (Afrika Selatan)

Koeksisters berbentuk seperti donat kepang. Teksturnya renyah dan lengket diluar serta basah dan sirup didalamnya. Setelah digoreng, cemilan ini direndam disirop manis yang diberi rasa kayu manis, jahe dan lemon.

  1. Sfenj (Maroko)

Makanan ini berada di Maroko, makanan ini berbetuk cincin namun permukaannya tak mulus seperti donat biasa. Adonan ragi yang digunakan untuk sfejn lengket dan tak manis. Donat yang biasa dijajakan dipinggir jalan ini tersaji polos atau bertabur gula.

  1. Sel Roti (Nepal)

Sel Roti dinikmati saat sarapan atau perayaan istimewa seperti festival keagamaan Nepal, Dshain dan Tihaar. Donat berbentuk gelang ini terbuat dari tepung beras. Teksturnya renyah dan tipis.

  1. Munkki (Filandia)

Munkki berwarna cokelat gelap dan berbentuk cincin, namun lebih berat dan padat. Bisa juga ditemui dalam bentuk bundar dan berisi selai strawberry. Adonannya terbuat dari mentega, telur, susu, tepung, dan garam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s