Macarron : Si Kecil Unik Dan Patut Kamu Coba!

Siapa yang tidak tahu makanan ini? hampir semua pasti sudah tahu, Macaron berasal dari Perancis, Macaron adalah kue kering berbasis meringue dari tepung almond, adonan putih telur dan gula, dan kue ini seperti burger mini yang keras. Kue ini tersebar dibanyak toko kue di Indonesia juga loh, termasuk Toko Kue Jakarta Clairmont. Membuat macaron membutuhkan ekstra ketelitian dalam membaca / mengikuti resep dan ketepatan dalam hal mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven yang tepat untuk memanggang.

Kenapa ini bisa terkenal banget, mungkin karena warnanya eye catching banget dan cute dilihatnya. Harganya biasanya satunya 9.000 Rupiah. Toko paling ternama di Paris yang menjual Macaron paling enak selama lebih dari ratusan tahun. Toko ini terletak di jalan Champs-Élysées (salah satu jalanan paling terkenal di dunia).

Walau di daerah-daerah lain di Eropa kue ini mudah ditemukan, namun para pembeli (khususnya orang Eropa sendiri) biasanya akan merasa lebih puas bila mencicipi yang asli dari Perancis, terutama Paris. Mereka menyebutnya ‘Macaron de Paris’, yang biasanya dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut atau dessert.

Resep Macaroon terbilang sederhana, hanya perlu mencampurkan putih telur, icing sugar, bubuk almond, dan bahan lainnya menjadi satu. “Untuk menghasilkan macaron yang bagus juga harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, terutama icing sugar yang harus benar-benar terdiri dari 100% icing sugar. Banyak icing sugar yang dikombinasikan dengan starch bukan murni icing sugar. Itu tentu akan berpengaruh pada tekstur macaron setelah dipanggang nanti,” jelas Chern Chee.

Bahan kedua yang tidak kalah penting adalah bubuk almond. “Bubuk almond yang berkualitas itu harganya sangat mahal, itulah sebabnya harga macaron juga tinggi. Jika bubuk almondnya bagus, maka kulit dari macaron akan terlihat mengkilap dan halus,” ujar Chern Chee. Mengenai temperatur oven, Chern Chee mengaku hal tersebut bergantung dengan teknik yang digunakan. “Ada yang menggunakan temperatur 160oC lalu menurunkannya ke 130oC untuk mendapatkan warna yang bagus. Juga ada yang memanggang di suhu stabil yaitu 130oC,” ujar Chern Chee.

Seperti yang ketahui bentuk klasik dari Macaron adalah bundar. Maksud dari bundar adalah untuk memudahkan dalam mengontrol konsistensi macaron itu sendiri.

Demikian merupakan keunikan dari macaron yang dapat kamu ketahui, untuk membeli cupcake Jakarta datang ke Clairmont saja. Ada banyak macam cake serta aneka kue kering yang dapat Anda pilih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s