Ketahui Perbedaan Antara Coklat Batangan Compound dan Converture

compound coklat

Coklat batangan merupakan bentuk coklat yang paling banyak digunakan untuk membuat produk-produk berbahan dasar coklat, seperti kue coklat, permen coklat, ice cream coklat, atau puding coklat. Untuk mengenal lebih jauh tentang coklat batangan ini, ada baiknya Anda mengetahui beberpa jenis coklat batangan dibawah ini:

  1. Coklat batangan compound, coklat jenis ini banyak dipakai untuk memproduksi berbagai macam produk-produk coklat. Lemak yang terdapat do coklat compound ini merupakan lemak dari minyak sayur. Itulah sebabnya coklat ini harus dikunyah terlebih dahulu baru bisa meleleh di mulut. Karena faktor inilah, banyak orang lebih menyukai menggunakan coklat compound untuk membuat berbagai macam produk coklat. Seperti Coklat Compound Gandum Mas Kencana yang sangat baik digunakan sebagai bahan pembuatan aneka kue coklat ataupun puding.
  1. Coklat batangan converture adalah jenis coklat batangan yang mengandung lemak alami coklat itu sendiri. Coklat jenis ini biasanya bisa langsung meleleh di mulut, tanpa harus di kunyah seperti coklat compound. Menggunakan coklat batangan converture untuk membuat berbagai macam produk coklat akan jauh lebih sulit jika dibandingkan menggunakan coklat compound, karena coklat batangan converture harus melalui proses tempering atau bisa dikenal sebagai proses menurunkan dan menaikan suhu ketika coklat dilelehkan. Proses ini berguna untuk menstabilkan kristal-kristal lemak agar warna coklat tidak kusam.

Jadi jika Anda ingin membuat produk-produk berbahan dasarkan coklat, seperti kue coklat dan lainnya. Selain menggunakan coklat bubuk, Anda bisa menggunakan coklat batangan compound sebagai bahan dasar kue coklat Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s