Tips Persiapan Berlibur Bersama Anak – Anak Dengan Menggunakan Pesawat Terbang.

Mother and her baby boy playing on the plane

Berlibur merupakan moment yang paling dinantikan oleh semua orang di seluruh belahan dunia. Dimana kita mampu menghilangkan rasa penat akan segala aktivitas dan pekerjaan yang setiap hari kita lakukan. Pasti Anda juga merasakan hal yang sama, terlebih jika moment tersebut dapat Anda jalani bersama keluarga dan buah hati tercinta, tentunya Anda tidak akan menyia-nyiakan waktu tersebut begitu saja, dan akan merencakan liburan untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang terbaik yang akan memberikan kesan terbaik pula bagi Anda dan keluarga.

Namun bagaimanakah jika tempat wisata yang akan Anda kunjungi tersebut itu sangatlah jauh? Berbeda kota, pulau, atau mungkin Negara dari tempat tinggal Anda? Tentunya satu-satunya alat transportasi yang sangat pas untuk Anda gunakan ialah pesawat terbang, dimana Anda dapat menghemat waktu perjalanan serta mendapat kenyamanan selama perjalanan. Terlebih kini sudah tersedia banyak promo yang dilakukan oleh para maskapai penerbangan, seperti Promo Tiket Murah Air Asia dan lain-lain. Dengan hal tersebut Anda juga dapat menghemat uang yang harus Anda keluarkan selama belibur.

Mungkin bagi Anda menggunakan jasa penerbangan merupakan hal yang sudah biasa, namun bagaimanakah dengan buah hati Anda yang belum biasa bepergian jauh terlebih menggunakan pesawat terbang? Pastinya Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih teliti.

Bagi Anda yang berniat mengajak anak-anak berlibur menggunakan pesawat terbang namun masih bingung hal-hal apa saja yang harus Anda persiapkan, ini dia tipsnya.

  1. MENENTUKAN JADWAL DAN TUJUAN LIBURAN
    Tentukan jadwal liburan Anda dari sekarang, investasikan waktu Anda untuk menyiapkan perjalanan liburan Anda dengan baik agar liburan dengan anak-anak menjadi lebih menyenangkan. Sebaiknya Anda menyiapkan perjalanan liburan dengan anak-anak Anda dari jauh-jauh hari, sehingga Anda tidak perlu terburu-buru dalam melakukan booking tiket pesawat, reservasi hotel, menentukan destinasi wisata, dan menyusun rencana perjalanan Anda bersama sang buah hati tercinta. Pilihan destinasi wisata dapat disesuaikan dengan hobi anak Anda, misalnya bila senang bermain di alam terbuka, Anda bisa merencanakan liburan ke kebun binatang atau pantai. Selain menyenangkan dan menambah pengetahuan bagi anak-anak, memilih destinasi wisata kebun binatang dan pantai dapat mendorong buah hati Anda untuk mengeksplorasi hal-hal baru yang belum pernah dijumpainya.

 

  1. PERHATIKAN LAMA PERJALANAN
    Pertimbangkan lama perjalanan untuk mencapai destinasi wisata yang ingin dikunjungi dan daftar rencana perjalanan Anda. Jika perjalanan Anda dengan sang buah hati memakan waktu cukup lama dalam pesawat terbang, tentunya Anda harus mempersiapkan perlengkapan dan barang bawaan yang membantu anak Anda agar tetap merasa nyaman selama perjalanan, seperti menggunakan pakaian yang nyaman, membawa mainan anak Anda agar tidak menjadi rewel ketika mereka merasa bosan, dan tidak lupa menyediakan cadangan makanan kesukaan anak Anda dengan cukup. Kemudian, perhatikan juga daftar rencana perjalanan yang telah Anda buat, jangan sampai anak-anak kelelahan hanya karena rencana perjalanan yang Anda buat terlalu padat. Cek jarak tempat wisata atau lokasi, agar anak Anda tidak bosan dalam perjalanan.

 

  1. PERSIAPKAN DOKUMEN PERJALANAN
    Bila rencana liburan Anda ditujukan untuk destinasi wisata domestik, Anda tidak perlu melengkapi dokumen perjalanan Anda dengan paspor dan visa. Namun, jika rencana liburan Anda ditujukan untuk destinasi wisata dengan tujuan internasional, sebaiknya persiapkan dokumen paspor dan visa untuk Anda dan si Kecil sejak jauh hari. Setiap anak wajib memiliki paspor dan visa (jika diperlukan) walaupun belum memiliki KTP sendiri. Paspor anak-anak dapat didaftarkan dengan nama orangtuanya. Mengurus paspor tidaklah sulit, hanya dengan menyiapkan dana sekitar Rp 360.000 (biaya pembuatan paspor dan administrasi bank), Anda dan sang buah hati tercinta sudah bisa memiliki paspornya sendiri dengan waktu pembuatan kurang lebih 1 (satu) minggu.

 

  1. PERHATIKAN KETENTUAN TRAVELLING BAGI ANAK-ANAK
    Bila berpergian ke negara lain, anak-anak wajib didampingi oleh salah satu atau kedua orangtuanya, baik untuk kepentingan liburan ataupun sekolah. Semua anak-anak juga memerlukan visa untuk masuk ke negara-negara yang mewajibkan warga negara lain untuk melampirkan visa dalam paspornya. Dewasa atau anak-anak, setiap mengajukan aplikasi visa, pemohon diwajibkan untuk membayar biaya aplikasi visa yang harganya berbeda-beda bagi setiap negara. Perlu diperhatikan juga, setiap pemohon visa harus memiliki jadwal wawancara sendiri, maka orangtua dan anak tidak dapat menggabungkan jadwal wawancara aplikasi visa menjadi satu jadwal perjanjian. Dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan visa bagi buah hati Anda adalah paspor anak, aplikasi visa yang telah diisi lengkap, tanda bukti pembayaran visa, foto (minimal foto yang diambil 6 bulan terakhir), dan akte lahir anak Anda.

 

  1. BARANG-BARANG YANG HARUS DIBAWA SAAT LIBURAN DENGAN ANAK-ANAK :
  • Pakaian yang membuat anak Anda nyaman selama penerbangan. Anda boleh membawakan anak Anda piyama dan selimut kesukaannya jika perjalanan liburan Anda termasuk perjalanan jauh dengan destinasi wisata internasional.
  • Jaket hangat untuk mengurangi udara dingin di pesawat.
  • Pakaian dan bawahan ekstra (jika anak Anda masih menggunakan popok).
  • Handbag khusus untuk menaruh pakaian, popok, dan keperluan lain bagi bayi/anak Anda.
  • Bekal makanan dan minuman yang cukup untuk menemani penerbangan. Citilink juga menyediakan makanan, minuman panas, serta hiburan dalam pesawat jika Anda ingin menambah porsi makanan selama penerbangan.
  • Kain gendongan atau kereta dorong anak-anak (stoller). Cari tahu tentang peraturan kereta bayi (stroller) bagi tiap maskapai. Ada maskapai yang mengizinkan membawa stroller ke kabin, ada yang menggolongkan stroller sebagai bagasi.
  • Mainan dan boneka kesukaan anak-anak, buku mewarnai, atau gadget yang telah dilengkapi dengan berbagai mainan seru dan edukatif untuk anak-anak Anda.
  • Siapkan ear plug untuk mengurangi tekanan udara di kabin.
  • Obat-obatan dan vitamin sesuai dengan kebutuhan Anda dan sang buah hati.
  • Sepatu dan kaus kaki, selimut kecil, topi, tabir surya.
  • Bagi yang membawa bayi saat liburan, bawalah celemek makan, botol minum, satu set peralatan makan, dan sabun pencuci alat makan agar tidak tercecer saat bayi ingin makan.

Berikut adalah persiapan yang Anda harus perhatikan saat ingin berlibur bersama anak-anak dengan menggunakan pesawat terbang. Jika Anda memang sudah memiliki rencana, tunggu apa lagi? Ayo persiapkan segalanya mulai dari sekarang agar dapat memberikan liburan yang menyenangkan dan tentu juga aman bagi buah hati dan keluarga Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s