Penting : Ketahui Tips & Trik Cerdas Untuk Anak Yang Susah Mandi

 

baby bath

Memang banyak sekali tingkah anak-anak yang kadang kita sebagai orang dewasa tidak habis pikir, dari yang aneh, ngeselin, lucu, sampai yang menggemaskan. Tetapi hal yang paling sering terjadi adalah ketika kesabaran si ibu di uji saat si kecil tidak mau mandi. Seringkali anak diusia yang masih balita, sangat susah jika disuruh mandi, mereka kadang mengeluarkan senjata ampuh, yaitu air mata. Para orang tua sering kali dibuat jengkel dengan hal ini, lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Susah-susah gampang sebenarnya, coba di siasati dengan shampoo khusus anak dengan busa yang melimpah seperti shampoo khusus anak dari DeeDee. Karena biasanya balita suka dengan gelembung dan busa-busa yang melimpah, selain itu ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda coba agar si kecil tidak susah mandi lagi.

Yuk cari tau tips-tips nya sebagai berikut:

  • Jangan pernah memarahi anak jika dia tidak mau mandi. Namun berikan pengertian pada si kecil kalau aktivitasnya saat ini akan lebih seru setelah mandi, atau bila memungkinkan bawa serta mainannya untuk ikut mandi.
  • Biasakan anak untuk mandi pada jam yang sama setiap hari, ini penting untuk melatih kedisiplinan dan kesadaran dalam dirinya.
  • Selalu sediakan mainan seru dikamar mandi dan perlengkapan mandi yang lucu yang sesuai dengan karakter si kecil.
  • Jangan lupa, karena kulit si kecil berbeda dengan kulit orang dewasa, untuk kulit si kecil butuh sabun khusus untuk anak dengan bentuk/kemasan yang lucu-lucu.
  • Cari tahu penyebab si kecil tidak mau mandi, jangan langsung memarahinya. ada kemungkinan dia sedang tidak enak badan, namun belum bisa mengutarakannya.

Salah satu TRIK yang dipakai Ayah dan Bunda agar balita anda mau mandi adalah dengan bermain. Salah satu permainan yang paling disuka anak-anak adalah bermain gelembung sabun. Mereka sangat tertarik dan ingin mencoba membuat gelembung-gelembung dari sabun.

Peralatan :

  1. Mangkok plastik kecil.
  2. Sabun cair/shampoo.
  3. Air
  4. Lingkaran kawat dengan berbagai diameter yang disambung dengan sedotan.
  5. Selang air.
  6. Bak mandi/ember

Cara bermain :

  1. Buatlah campuran sabun/shampoo dengan air. taruh dalam mangkuk plastik.
  2. Isi bak mandi atau ember dengan air sampai setengahnya, lalu beri sedikit sabun cair sampai berbusa banyak. minta si kecil untuk masuk ke dalam baknya.
  3. Gunakan lingkaran kawat untuk membuat gelembung-gelembung. ajak si kecil untuk belajar meniup gelembung. awalnya, bagi mereka ini tidak mudah. biarkan mereka bermain dengan menangkap gelembung yang Anda buat.
  4. Jika hari sedang cerah, tidak ada salahnya Anda mengajaknya mandi di halaman, karena gelembung akan lebih menarik jika terkena sinar matahari.

Nah, itulah tips dan trik untuk para orang tua agar si kecil mau mandi. Selamat mencoba ya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s