Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

1427633605_1406106913

Saat ini, gadget telah menjadi suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan semua orang. Dengan gadget, kita sebagai manusia bisa update segala macam hal dan mengetahui berita apapun serta berkomunikasi dengan orang lain.

Kehadiran gadget tentu saja mencakup segala usia mulai dari tua hingga muda, bahkan anak-anak. Berbeda halnya dengan orang dewasa, hadirnya gadget dalam ruang lingkup anak-anak cukup mengahawatirkan.

Kini, semua anak-anak sudah hampir menggunakan dan akrab dengan gadget lengkap dengan teknologi canggih di dalamnya. Akibatnya, anak-anak pun bisa menjadi kecanduan dan membuat ia lupa akan waktu.

Peranan gadget tidak seperti shampo khusus anak dee-dee, gadget disini lebih mempunyai sisi negatif jika orang tua tidak mengatasinya. Untuk itu, simaklah informasi terkait beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasi kecanduan anak pada gagdet.

1. Menghabiskan Waktu untuk Anak

Tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang pertama adalah menghabiskan waktu bersama anak. Bagi orang tua menghabiskan waktu bersama anak sangatlah penting baik itu dengan mengisinya hanya sekedar mengobrol atau berlibur bersama.

Terdapat banyak kegiatan unuk anak yang menghilangkan kecanduannya pada gadget sedikit demi sedikit. Namun jangan lupa untuk mengajarkan anak pentingnya teknologi bagi kehidupan.

2. Tidak Memberikan Dahulu Gadget ketika Anak Masih Terlalu Dini

Banyak orang tua yang salah dalam memberikan gadget pada anak dimana mereka memberikannya saat anak masih kecil. Ini jelas sekali salah, karena bisa berakibat pada berkurangnya kecerdasan sejak dini.

Oleh karena itu, sebaiknya orang tua memberikan gadget pada anak saat sudah besar dan membatasi penggunaannya seperti hanya setelah sekolah saja selama beberapa jam atau hanya weekend saja untuk sekedar refreshing.

3. Ajak Anak dengan Kegiatan di Luar

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh para orangtua adalah melarang sang anak untuk memiliki aktivitas bermain di luar. Ketika anak jarang bermain dengan teman-temannya, anak tersebut cenderung menjadi pribadi yang kurang aktif, sehingga menjadikan gadget sebagai maianan utama mereka.

Oleh sebab itu sebaiknya orang tua memberikan waktu untuk kegiatan luar bersama dengan teman seusianya. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap mengawasi dan memperhatikan lingkungan bermainnya.

4. Tetapkan Hari Bebas Gadget

Salah satu cara untuk menerapkan pemakaian gadget adalah dengan membuat aturan khusus. Anda bisa menetapkan hari bebas gadget dalam rumah. Cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak. Anda bisa membuat jam atau hari tertentu dimana anak-anak bisa memakai gadget mereka.

Setelah waktu yang ditentukan habis maka Anda harus mengambil gadget dari tangan anak-anak. Jangan membiarkan aturan ini hanya terjadi pada anak-anak, jadi Anda juga bisa menerapkan aturan yang sama. Meskipun Anda juga tetap bisa memakai gadget namun tidak didepan anak-anak.

Itulah beberapa tips dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak. Untuk Anda orang tua yang mungkin memiliki kasus seperti diatas, ke-4 tips tersebut bisa di praktekan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s