Ini Dia Hal-Hal Yang Harus Dicek Sebelum Membeli Mobil Bekas

Handover of car keys in a dealership
Handover of car keys in a dealership

Mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap orang. Setiap harinya, jalanan ibukota dan daerah-daerah lainnya dipenuhi dengan kendaraan roda empat ini. Dengan perawatan yang mudah, tidak mengherankan jika mobil menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh hampir semua orang.

Untuk memenuhi kebutuhannya, banyak orang yang kini memilih bukan hanya membeli mobil yang baru tetapi juga mobil bekas. Meskipun tidak seperti baru, akan tetapi mobil bekas ternyata bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan kualitas yang baik.

Kini banyak showroom-showroom yang menyediakan mobil bekas berkualitas dengan proses yang mudah. Akan tetapi, meskipun begitu bagi Anda yang berniat membeli mobil bekas, pastikan melakukan pengecekan terhadap mobil tersebut.

Apa saja bagian mobil bekas yang harus dicek sebelum membelinya? simak informasinya berikut ini.

1. Bagian Bawah Mobil

Bagian pertama yang harus dicek secara teliti adalah bagian bawah si mobil. Pengecekan mobil bisa dilakukan dimana saja, tapi untuk hasil memuaskan bawalah ke bengkel yang mempunyai alat untuk mengangkat mobil.

Melihat bagian bawah mobil bisa membantu Anda menentukan kondisi mobil. Bagian bawah mobil biasanya berkarat, jika Anda menemukan tambalan, Anda perlu curiga bisa jadi itu untuk menutupi bekas kerusakan tertentu.

2. Karpet Kaki

Alas kaki di dalam kabin mobil mungkin bisa dibersihkan dengan mudah, tapi ada baiknya Anda melihat bagian bawahnya, apakah lembap atau mungkin basah?

Hal itu perlu dilakukan karena biasanya alas/karpet mobil yang basah dapat menyebabkan lubang pada bodi mobil. Jika hal tersebut terjadi maka akan fatal nantinya. Cek juga bagian bawah karpet lain seperti di bagasi mobil.

3. Bagian Mesin Mobil

Mesin mobil yang baru dan bekas sangatlah berbeda. Janganlah tertipu dengan tampilan mobil yang mengkilap, karena bisa jadi mesin mobilnya tidak sebagus seperti tampilan tersebut.

Baiknya, lakukanlah pengecekan pada bagian mesin mobil apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak. Mesin mobil sangat erat kaitannya dengan performa dari si mobil itu sendiri, jika dirasa performa mobil tidak baik, maka bisa jadi mesin mobil sudah rusak dan tidak bagus lagi.

4. Pedal Kaki

Jika banyak bagian mobil yang bisa diakali untuk dibuat lebih bagus tampilannya, hal tersebut sepertinya tidak berlaku pada pedal kaki. Jika karetnya sudah sangat aus, kecurigaan Anda mungkin bisa jadi benar. Tanda pemakaian pada kursi dan stir mobil biasanya seiring dengan umur pemakaian mobil.

5. Surat-surat Mobil

Jangan lewatkan surat-surat kelengkapan kendaraan. Pastikan semua dokumen ada ketika melihat mobil tersebut. Idealnya, Anda bisa melihat catatan servis kendaraan dengan tulisan tangan yang berbeda, memastikan itu bukan catatan yang dibuat-buat. Perhatikan juga jumlah pemilik sebelumnya, Anda perlu waspada jika ada lebih dari 2 pemilik mobil itu dalam waktu 5 tahun.

Selain itu, mobil bekas berkualitas juga biasanya memiliki kelengkapan pada STNK dan juga BPKBnya. Jika semua surat-suratnya sudah lengkap, mobil tersebut bukanlah bekas curian dan Anda pun sebagai pembeli tidak akan terseret ke meja hijau.

Itulah beberapa hal-hal yang harus Anda cek sebelum membeli mobil bekas. Jangan ragu untuk membeli mobil bekas, karena kini mobil bekas pun memiliki kualitas yang baik setara dengan mobil baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s