Rumah Semakin Cantik Dengan Lantai Bermotif

Ada banyak ide yang dapat Anda tuangkan untuk membuat penampilan rumah semakin menawan. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menghadirkan taman indoor, menempatan furiiture yang apik, memasang wallpaper aksen dinding atau justru gaya arsitektur rumah itu sendiri. Namun semua ide tersebut tidak dapat menghasilkan visualisasi yang maksimal tanpa adanya lantai. Ya, lantai merupakan elemen penting dalam sebuah bangunan disamping dinding, atap, pintu maupun rangka. Lalu bagaimana cara membuat penampilan rumah Anda menjadi lebih cantik? Salah satu caranya adalah dengan mempercantiknya menggunakan keramik lantai.

Kamar Mandi - JCC 1.jpg

Sayangnya lantai saja tidak cukup untuk membuat rumah nampak cantik. Lantai harus diberi penutup, entah itu dengan keramik, granit, kayu parket, marmer, tegel atau beton. Diantara pilihan tersebut, yang familiar digunakan pada rumah-rumah masa kini adalah keramik lantai granit. Disebut juga homogenous tile, jenis keramik lantai ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya tahan terhadap goresan dan memiliki tingkat kekuatan yang melebihi keramik. Komponen material penyusunnya bersifat homogen, satu kesatuan dari lapisan paling atas hingga paling bawah. Sebagai penutup lantai, jenis keramik lantai ini memiliki  karakter dan kekuatan yang jauh lebih baik dari keramik karena lebih banyak menggunakan hard material pada bahan-bahannya, seperti silica dan feldspar.

Umumnya corak keramik lantai ini diaplikasikan bernuansa alam seperti bebatuan atau kayu. Padahal siapa sangka jenis keramik lantai ini menawarkan sejumlah motif dan ragam warna menawan. Alhasil dengan pemasangan lantai granit bermotif rumah akan terlihat lebih mewah dan segar. Coraknya pun dapat disesuaikan dengan tema ruang yang dikehendaki.

Pertama, Anda harus menentukan terlebih dahulu konsep seperti apa yang diinginkan. Kedua, padu-padankan motif serta warna ubin yang tepat juga berperan besar dalam memunculkan nuansa sesuai yang diinginkan. Karena, ketika Anda mulai memilih motif dan warna yang cocok untuk lantai rumah, jangan lupa bahwa ada kriteria tertentu yang mampu memberikan kesan berbeda.

Agar ruangan terkesan luas, disarankan menggunakan granit bermotif dengan warna cerah dan pattern yang sederhana. Peletakannya pun perlu diperhatikan guna menghasilkan ilusi ruang yang lega atau bisa juga diletakan di sudut tertentu dengan pola yang teratur. Sebaiknya, ada pula motif atau warna tertentu yang memberi kesan ruang lebih sempit. Contohnya keramik lantau bermotif dengan warna dominan gelap serta pattern yang cukup kompleks dan pola pemasangannya pun cenderung dalam satu bidang atau area.

Granit bermotif lebih tepat juga dipasang di area terbuka dan jarang ada furniture. Seperti area teras, ruang tamu atau ruang keluarga yang cukup luas, dinding kitchen set maupun pada dinding shower kamar mandi. Namun jika masih ragu dengan lantai bermotif, Anda bisa memadukan beberapa warna secara acak atau mengkombinasikanna dalam sebuah pola unik. Gunakanlah imajinasi dan kreativitas Anda untuk mendapatkan hasil desain yang unik dan menarik.

Lalu bagaimana dengan perawatan jenis keramik lantai ini?

Anda tidak perlu khawatir, pasalnya perawatan tile bermotif pada prinsipnya sama dengan sama dengan body tile. Tidak memerlukan perawatan khusus, cukup di pel seperti biasa dan disikat sesekali untuk area basah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s