Cara Pintar Memperbaiki Keramik Lantai Rumah

Merawat struktur pondasi bangunan rumah ternyata memerlukan sedikit usaha yang teliti. Masing-masing struktur bangunan memiliki karakteristik berbeda, begitu juga dengan bagaimana cara merawatnya. Satu bagian struktur bagunan rumah yang kerap mengalami kerusakan adalah keramik lantai. Bahan keramik lantai yang biasa digunakan pada lantai selain memiliki berbagai keunggulan seperti mudah dibersihkan, kokoh dan lebih tahan lama, ternyata bisa mengalami keretakan.

ku.jpg

Keretakan pada keramik lantai disebabkan karena permukaan keramik yang tidak rata, sedangkan material keramik lantai sangat keras. Sehingga pada saat terkena di bagian yang berongga, akan muncul kerusakan hingga terbelah. Keramik lantai yang sudah retak akan mengganggu Anda. Tidak hanya merusak estetika, tapi juga bisa melukai. Keramik lantai yang terbelah aan menyisakan sisi keramik yang tajam, cukup tajam untuk menggores kaki Anda hingga terluka.

Untuk itu, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda harus segera memperbaikinya. Biasanya dalam perbaikan keramik lantai, dianjurkan menggunakan jasa tukang bangunan yang ahli dan profesional. Tetapi, apabila Anda tidak ingin menggunakan jasa ukang, berikut cara pintae untuk memperbaiki keramik lantai dan dinding rumah yang dapat Anda lakukan sendiri.

  • Cat Keramik yang Retak

Mengecat keramik lantai yang retak adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Hanya saja, cara ini bisa dilakukan pada keramik yang polos, bukan bertekstur atau berpola. Metode ini memang tidak bisa mengembalikan retaknya keramik, tetapi agar tidak terlihat oleh mata secara jauh. Cara ini hanya bisa diterapkan pada bagian retakan halus dan tidak menonjol.

  • Menambahkan Cairan Glasir

Sama dengan cara pertama, menambahkan cairan glasir ini tidak memperbaiki keretakan pada keramik. Tetapi bertujuan untuk mengisi celah lantai dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

  • Ganti Keramik Lantai dengan yang Baru

Apabila keramik lantai memiliki kondisi keretakan yang cukup parah, cara terbaik memperbaikinya adalah dengan mengganti de ngan keramik lantai yang baru. Akan tetapi, Anda harus mencari keramik yang sama, baik ukutan, warna, bentuk dan materialnya. Dalam hal ini memang memerlukan sedikit tenaga ekstra untuk berkeliling ke tempat penjual untuk mencari keramik yang tepat.

Semoga informasi yang kami sampaikan paa artikel cara pintar mempebaiki keramik lantai rumah ini bermanfaat bagi Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s