Distributor HPL Jakarta – Desain Rumah Jepang Tradisional

japanese homePada kesempatan kali ini, Distributor HPL Jakarta akan membahas rumah nyaman di salah satu negara di Asia yaitu Jepang yang bukan lagi negara asing bagi orang Indonesia. Selain karena memiliki sejarah yang panjang dengan Jepang, banyak budaya Jepang yang sudah masuk ke Indonesia. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan manga, anime, atau mie ramen.

Ya, manga adalah komik khas Jepang, dan anime adalah kartun Jepang yang saat ini banyak ditayangkan di statsiun televisi di Indonesia. Sedangkan ramen, atau mie ramen, mungkin Anda semua mengetahui Ramen adalah makanan khas Jepang yang sangat terkenal di Indonesia.

Namun demikian, jika Anda mengetahui anime, manga, atau ramen, apakah Anda mengenal minka? minka adalah rumah tradisional khas Jepang dan merupakan hunian untuk rakyat biasa. Jika Anda sering menonton film anime Jepang, Anda pasti sudah tidak asing dengan desain rumah khas Jepang ini.

Menurut distributor HPL Jakarta, rumah-rumah khas Jepang ini sudah ada sejak tahun 1800. Uniknya setiap daerah memiliki desain minka yang berbeda. Perbedaan gaya arsitektur minka di setiap daerah ini karena menyesuaikan dengan dengan letak geografis dan iklim daerah setempat.

Misalnya, minka di daerah Jepang utara, bangunannya di rancang untuk beradaptasi terhadap musim dingin yang panjang. Atap minka di Jepang utara biasanya terbuat dari jerami dengan bubungan yang terjal, tujuannya agar udara di dalam ruangan menjadi lebih hangat.

Sedangkan di Jepang bagian selatan, terdiri dari kelompok-kelompok rumah yang relatif kecil, rendah dengan panggung agar memperoleh ventilasi semaksimal mungkin dan mengurangi bahaya tiupan angin. Selain itu, desain rumah panggung sengaja dirancang untuk meredam guncangan gempa.

Selain mencerminkan keunikan dan kondisi iklim dari daerahnya, arsitektur tradisional rumah Jepang memiliki keindahan sendiri. Keindahan rumah tradisional Jepang terletak pada aura ketenangan yang muncul dari desainnya.

Rumah tradisional Jepang ini selalu tampak tenang dan nyaman untuk ditempati. Tidak hanya itu, rumah-rumah ini pun selalu tampak asri dan memiliki koneksi yang erat dengan alam sekitarnya.

Bagaimana tidak, karena rumah Jepang memiliki beberapa ruangan unik yang jarang ditemukan pada rumah – rumah biasa, seperti Tsuboniwa contohnya atau taman halaman kecil dan Nakaniwa atau taman di dalam.

Tsuboniwa adalah taman sempit yang berada di halaman rumah rakyat biasa. Sedangkan Nakaniwa adalah taman kecil yang letaknya berada di dalam atau di bagian tengah rumah. Dalam taman Jepang tidak dikenal dengan garis-garis lurus atau simetris. Taman sengaja dirancang secara asimetris agar tidak ada satu pun tanaman yang menonjol.

Demikian ulasan dari distributor HPL Jakarta, mengenai rumah yang berada di Jepang, semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s