Distributor HPL Jakarta – Keunggulan dan Tujuan Desain Rumah Jepang

jepangMelihat kebanyakan rumah – rumah di Jepang memang sangat berbeda sekali dengan desain yang berada di Indonesia. Namun demikian menurut distributor HPL Jakarta, bukan berarti rumah di Jepang hanya ingin membedakan, melainkan rumah dengan desain berbeda tersebut memiliki tujuan dan kelebihan yang berbeda.

Berikut distributor HPL Jakarta akan mengulas tuntas apa saja nama – nama ruangan dan tujuan desain rumah di Jepang.

  • Genkan

Salah satu ciri dari rumah tradisional Jepang adalah adanya genkan disetiap rumah. Genkan sendiri adalah tempat dimana orang melepas sepatu mereka. Ketika seseorang melepas sepatu mereka, orang-orang melangkah naik ke lantai yang lebih tinggi dari genkan.

Disamping genkan terdapat sebuah rak atau lemari yang disebut dengan getabako, merupakan tempat untuk menyimpan sepatu dan menggantinya dengan sandal yang ada dirumah.

  • Washitsu

Washitsu adalah ruangan serba guna beralaskan tatami dalam bangunan tradisional Jepang. Fungsi washitsu berubah tergantung pada alat rumah tangga yang dipakai. Washitsu bisa berubah menjadi ruang belajar jika diletakkan meja.

Washitsu juga akan berubah jadi ruang tidur jika didalamnya diletakkan futon atau matras tidur dan fungsinya akan berubah lagi menjadi meja jamuan makan saat didalamnya diletakkan meja berukuran besar.

Tatami sendiri adalah semacam tikar yang berasal dari Jepang dan dibuat secara tradisional. Tatami terbuat dari jerami yang sudah ditenun dan memiliki ukuran yang beragam.

  • Fusuma dan Shoji

Untuk memisahkan sebuah washitsu dengan washitsu lainnya, orang jepang menggunakan sekat. Sekat ini terdiri dari dua macam, yaitu fusuma dan shoji. Fusuma dan shoji adalah panel berbentuk persegi panjang yang dipasang secara vertikal pada rel kayu, dan dapat dibuka dan ditutup dengan cara didorong.

Fusuma dan shoji terbuat dari rangka kayu yang kedua sisinya dilapisi washi atau kertas Jepang yang dibuat secara tradisional. Perbedaan antara fusuma dan shoji adalah, fusuma tidak dapat ditembus oleh cahaya, sedangkan shoji bisa ditembus oleh cahaya.

  • Washiki atau Toilet Tradisional Jepang

Washiki atau toilet tradisional Jepang adalah kloset jongkok yang juga dikenal dengan sebutan kloset asia. Kebanyakan kloset jongkok di Jepang terbuat dari porselen. Cara penggunaan kloset ini merupakan kebalikan dari kloset yang ada di Indonesia, dimana mereka menghadap ke dinding di belakang toilet.

  • Daidokoro atau Dapur

Di Jepang ada dua jenis dapur, yang pertama adalah dengan menggunakan tungku yang disebut dengan kamado, dan kedua adalah dapur yang cara memasaknya dengan menggantung bahan makanan.

Tempat untuk menggantung makanan disebut irori. Irori merupakan sebuah lubang persegi didalam lantai yang sudah diisi tanah atau abu.

            Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memiliki uniknya desain rumah Jepang? Jika demikian Anda bisa konsultasi langsung ke Distributor HPL Jakarta. Sekian dari kami, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s