Hendri Sutadinata Maya Muncar- Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Bisnis Tidak Gagal !

Menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, bisnis bisa mengalami kegagalan karena beberapa faktor, dan jika Anda tidak ingin bisnis mengalami kegagalan maka perhatikan hal di bawah ini,

  1. Perhatikan SDM

SDM atau karyawan bisa dikatakan sebagai roda perusahaan, tanpa adanya karyawan maka sebuah perusahaan tidak akan berjalan maksimal. Namun dalam merekrut karyawan Anda juga harus punya strategi, pastikan karyawan yang Anda rekrut benar-benar memiliki potensi.

Menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, jika bisnis Anda masih start up maka sebaiknya jalan sendiri dulu bisnis tersebut. Apabila ingin melibatkan orang lain, maka ada baiknya Anda mengajak kerabat atau teman untuk membantu.

Alangkah baiknya jika Anda mempekerjakan atau merekrut karyawan saat bisnis sudah berkembang, hal tersebut lebih efektif. Mempekerjakan karyawan saat bisnis masih baru justru bisa berpengaruh buruk, karyawan yang terlalu banyak dan belum jelas job deskripsinya bisa saja tak terkendali dan bisa menyebabkan kerugian secara tidak langsung.

 

  1. Perhatikan Perencanaan Bisnis

Untuk menghindari bisnis gagal, Anda harus memperhatikan hal penting ini. Pastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan memiliki perencanaan bisnis yang matang. Tentukan visi, misi, target market dan tujuan dari bisnis yang akan Anda mulai tersebut. Kumpulkan informasi se-detail dan se-akurat mungkin mengenai bisnis tersebut, mulai dari perencanaan modal, pembelian bahan-bahan , penentuan target market, dan lokasi mana yang pas serta cara pemasarannya. Dan hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah melakukan market research.

 

  1. Perhatikan Produk Yang Akan Dijual

Tentukan apakah bisnis Anda akan menjual produk atau jasa, setelah menentukan maka langkah selanjutnya adalah memfokuskan. Jika bisnis Anda menjual sebuah produk makanan, maka Anda harus paham dengan detail secara mendalam produk yang Anda jual tersebut. Berapa lama produk tersebut bertahan, apa kekurangan dan kelebihan jenis produk tersebut hingga seberapa banyak pesaing yang dimiliki.

Jangan lupa memperhitungkan modal dan harga jual, dan perhatikan juga seberapa antusias masyarakat dalam menerima produk Anda. Oleh karenanya,sebelum launching produk sebaiknya Anda melakukan survey pasar terlebih dahulu. Anda bisa memberikan tester dan meminta pendapat tentang produk tersebut.

Kekurangan dari produk yang Anda dapat dari pasar kemudian bisa Anda tingkatkan untuk kemudian diresmikan.

 

  1. Perhatikan Promosi

Jika bisnis baru, maka jangan langsung memproduksi banyak produk. Produk yang langsung banyak diproduksi memang akan menghasilkan banyak keuntungan, namun hanya jika produk tersebut laku. Ketika Anda sudah terlanjur memproduksi banyak barang dan ternyata hanya sedikit yang terjual, tentu bisnis tersebut akan mengalami kerugian yang cukup besar.

Sebaiknya jika masih start up, Anda memproduksi produk dalam jumlah terbatas terlebih dahulu. Selanjutnya, perhatikan strategi promosi yang diterapkan. Dengan melakukan promosi pada produk terbatas tersebut, Anda akan dapat mengukur dan mendapat insight baru. Anda akan tahu produk mana yang paling laku, produk mana yang kurang peminat, lokasi mana yang paling banyak pembeli hingga strategi promosi mana yang paling berhasil.

Jangan sampai Anda melakukan strategi pemasaran atau promosi yang lemah, dalam promosi pun harus selalu dilakukan pembaruan. Gunakan media promosi yang terjangkau terlebih dahulu, jika hasilnya memuaskan dan sudah balik modal serta memberi keuntungan yang banyak. Barulah Anda beralih ke strategi atau media promosi lain yang lebih menjanjikan.

Manfaatkan juga sosial media pribadi, karena dengan begitu Anda bisa melakukan promosi secara gratis, selanjutnya pikirkan strategi lebih jauh agar produk menjadi viral dan menghadirkan banyak peminat.

Demikian adalah 4 hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis tidak mengalami kegagalan menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar. Dalam promosi, tak ada salahnya untuk bisnis start up Anda memanfaatkan channel sosial media Anda dan kerabat terdekat. Sebab di era sekarang, promosi digital memberikan hasil yang sangat memuaskan dengan budget yang tidak terlalu mahal. Semoga bermanfaat

 

 

Leave a comment