Benarkah Melakukan Yoga Dapat Meredakan Nyeri Haid?

Hal tidak menyenangkan yang dirasakan saat datang bulan adalah nyeri haid, rasa sakit yang terasa menusuk di area perut bagian bawah ini terkadang juga terasa di area pinggang hingga punggung. Akibat rasa nyeri ini, aktivitas jadi terganggu.  Namun selain mengkonsumsi Feminax obat pelancar haid sebagai pereda nyeri haid, melakukan yoga ternyata juga efektif menghilangkan nyeri haid. Berikut penjelasannya,

yoga
Salah Satu Gaya Yoga – Pereda Nyeri Haid

Nyeri haid terjadi akibat otot pada rahim berkontraksi, dan kontraksi otot tersebut adalah proses peluruhan dinding rahim. Sebetulnya, mengompresnya dengan air panas bisa membantu meredakan nyeri haid namun hanya sementara.

Melakukan yoga saat haid juga dipercaya mampu meredakan nyeri haid,hal tersebut karena pada dasarnya yoga adalah sarana untuk relaksasi. Ketika otot ditubuh Anda tegang dan mengalami peradangan, maka melakukan yoga akan lebih membuat otot Anda menjadi rileks. Yoga yang berguna meregangkan otot-otot pada tubuh membuat peradangan otot pada rahim menjadi tidak begitu menyakitkan.

Gaya yoga yang dapat digunakan sebagai gerakan pereda nyeri haid adalah butterfly pose, cat pose, hingga camel pose. Anda bisa mencari tutorialnya di youtube, atau boleh langsung menghubungi instruktur yoga agar ada yang melatih dan menambah pengalaman Anda. Yoga yang dilakukan dengan benar saat haid juga akan memperlancar haid.

Selain dapat meredakan nyeri haid ternyata yoga juga memiliki manfaat kesehatan lagi bagi tubuh Anda, salah satunya adalah mampu mengurangi stress. Dan ketika haid beberapa wanita cenderung emosional, karenanya melakukan yoga akan membantu mengurangi sedikit rasa stress dan membantu membuat pikiran kembali fresh.

Yoga juga berguna dalam meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh, nyeri di pinggang hingga area punggung yang dirasakan saat haid juga akan mereda saat Anda melakukan yoga. Yoga yang dilakukan dengan rutin juga akan mencegah nyeri haid yang akan datang nantinya, oleh karena itu yoga bisa dikatakan sebagai pereda nyeri haid yang efektif dan menyehatkan.

Untuk Anda yang terbiasa duduk berjam-jam dan sering mengeluhkan punggung sakit, maka yoga bisa dijadikan alternatif. Dengan melakukan yoga Anda juga akan terbiasa berkonsentrasi, postur tubuh juga akan diperbaiki dan lebih ideal karena yoga juga dapat menurunkan berat badan.

Jadi jawabannya adalah benar jika yoga dapat meredakan nyeri haid, hal tersebut karena tubuh akan lebih rileks dan mengurangi peradangan. Kualitas tidur Anda juga akan lebih baik dan pastinya lebih sehat pula. Selain melakukan yoga, untuk meredakan nyeri haid Anda bisa mencoba mengkonsumsi Feminax pereda nyeri haid.

 

Leave a comment