Wakuliner – Bubur Khas Daerah-Daerah Di Indonesia Yang Mengenyangkan!

Wakuliner - Wadah Kuliner
Wakuliner – Wadah Kuliner

Wakuliner – Beranekaragamnya budaya yang ada di Indonesia menjadikan negara ini juga memiliki bermacam-macam kuliner. Meski ada beberapa kesamaan dalam beberapa macam kuliner yang ada di Indonesia, tetapi setiap daerah memiliki ciri khas sendiri untuk cita rasanya.

Salah satu kuliner yang cukup beranekaragam di Indonesia adalah bubur. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner buburnya sendiri. Untuk lebih jelas bubur apa saja yang ada di Indonesia, berikut Wakuliner akan membahasnya. Yakni :

  • Bubur Ayam Cirebon

Bubur ayam Cirebon mungkin menjadi salah satu kuliner yang paling umum yang ada di Indonesia. Terbuat dari nasi bubur yang satu ini memang paling sering dimakan pada pagi hari untuk sarapan. Di Jakarta sendiri, bubur ayam Cirebon ini sangat mudah ditemukan.

Bubur ayam Cirebon sendiri terdiri dari bubur yang terbuat dari nasi, kuah kuning yang terbuat dari kaldu ayam, suwiran daging ayam, kacang, seledri, kerupuk, daun bawang, cakwe, kacang tanah, dan kerupuk.  Bubur ayam ini sendiri sebenarnya juga merupakan makanan yang diadaptasi dari kuliner tionghoa.

  • Bubur Sumsum

Berikutnya ada bubur sumsum yang berasal dari Jawa. Makanan yang satu ini sering disajikan dalam acara adat khususnya di Solo dan Yogyakarta.

Agak berbeda dari bubur ayam Cirebon dan bubur manado yang cenderung asin, bubur sumsum merupakan bubur manis karena ada tambahan gula merah di dalamnya.

Dinamakan sumsum bukan berarti bubur yang satu ini terbuat dari sumsum sapi melainkan tepung beras.  Kadang bubur khas Indonesia ini disajikan disajikan dengan biji salak, mutiara dan ketan hitam.

  • Bubur Manado

Berikutnya ada bubur Manado yang tidak kalah lezat dari bubur ayam Cirebon. Bubur khas Indonesia yang juga dikenal dengan nama bubur tinutuan ini adalah bubur gurih yang bahan dasarnya terbuat dari labu kuning.

Bubur ini pun kemudian disajikan dengan bermacam-macam sayuran seperti bayam, kangkung, singkong, kemangi hingga jagung. Orang-orang biasanya menyantap bubur yang satu ini dengan ikan cakalang, sambal roa dan perkedel nike.

  • Bubur Kanji Rumbi

Jika Anda sedang jalan-jalan ke daerah Aceh, jangan lupa untuk mencoba bubur kanji rumbi. Bubur yang satu ini memang sering dijual saat bulan ramadhan.

 Sebagai hidangan berbuka puasa, bubur yang satu ini cukup mengenyangkan karena terbuat dari beras dan disajikan dengan racikan bumbu khas Aceh.

Bisa dibilang bubur kanji rumbi mirip dengan bubur ayam khas Cirebon. Dikenal juga sebagai bubur dengan 40 macam bumbu, rempah-rempah dari bubur ini memang sangat beraneka ragam mulai dari merica, jintan, adas, kapulaga, jahe hingga kembang lawang.

Selain memang disajikan untuk makanan berbuka puasa, bubur khas Indonesia ini juga sering digunakan sebagai obat untuk menghilangkan masuk angin.

  • Bubur Pedas Singkawang

Berikutnya ada bubur pedas dari Singkawang yang bisa Anda coba. Meski dinamakan bubur pedas, kuliner yang satu ini tidak memasukan cabai di dalam campuran bumbunya.

Uniknya lagi cara pembuatan dari bubur ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Bubur pedas diolah dengan ditumbuk halus untuk kemudian ditumis dengan beraneka rempah.

Bubur khas Indonesia ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa, kaldu sapi dan sayuran seperti kangkung, pakis dan kesum. Rasa dari bubur pedas ini semakin terasa lezat dengan tambahan kacang tanah goreng dan ikan teri.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis bubur khas daerah di Indonesia yang dijamin Anda merasa kenyang setelah menyantapnya. Adakah bubur favorit Anda dalam daftar diatas?

Sekarang, Anda tidak perlu lagi pusing dan bingung untuk memilikirkan bagaimana cara memesan makanan dengan mudah dan cepat. Ada aplikasi Wakuliner yang bisa membantu Anda melakukan pesan makanan secara online yang lebih cepat dan terjamin kualitasnya. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja instal aplikasi Wakuliner di ponsel Anda.

Leave a comment